KABAR BIREUEN-Bupati Bireuen, Dr, H. Muzakkar A Gani, S.H. M.Si selaku Kwarcab Pramuka Bireuen, secara resmi melepas peserta Orentasi Kepramukaan Siswa Jenjang SMP se Kabupaten Bireuen.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, Jumat (15/10/2021) sore.

Dalam arahanya, Muzakkar mengatakan, Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter.

Selain itu, pendidikan kepramukaan sebagai proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, akhlak mulia dan ilmu yang bermanfaat.

Muzakkar berharap, setelah mengikuti orentasi ini, ilmu-ilmu yang didapat dari para pembina dan para tutor dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, keluarga dan bisa membantu masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen Muhammad Al Muttaqim, S.Pd.,M.Pd. mengatakan, kegiatan Orentasi Kepramukaan ini mengangkat tema “Berbakti Tanpa Henti”

Kegiatan Persami atau perkemahan Sabtu Minggu, berlangsung dua hari (16-17/10/2021) bertempat di objek wisata puncak Teulaga Maneh, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

Disebutkan, kegiatan dan materi yang diberikan selama Orentasi Penggalang bagi siswa SMP ini, antara lain, Dinamika Kelompok,
Pergerakan Menuju Bumper Welcome To Party.

Kemudian, Sandi Pasukan Apel Malam dan Pagi, Senam Pagi, PBB, Sejarah Pramuka Dunia, Sejarah Pramuka Indonesia.Kode Kehormatan, Semaphore, Morse, Sandi dan Tanda Jejak, Simpul dan Ikatan, Rapling dan Api Unggun.

Selanjutnya, sifat, fungsi, salam dan arti lambang GP Kompas & panorama, peta (pita, perjalanan, lokasi ), pionering, P3K dan pembuatan tandu, packing, operasi semut, jelajah serta kegiatan zikir dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

“Siswa yang mengikuti kegiatan orentasi ini berjumlah 130 orang dan sudah mendapat izin dari orangtua masing-masing siswa, ” sebut Kadisdikbud Bireuen ini. (Herman Suesilo).