KABAR BIREUEN – Seleksi Musabaqah Qiraatul Kutub ( MQK ) diselenggarakan Dinas Pendidikan Dayah, Kabupaten Bireuen, yang berlangsung sejak 15 Oktober di Mushalla setempat berakhir, Jumat (18/10/2019).

Kepala Bidang (Kabid ) Pembinaan dan Pendidikan Dayah, Dra.Halimah kepada Kabar Bireuen, Senin (21/10/2019) menerangkan, berdasarkan hasil seleksi selama empat hari, dewan hakim masing masing cabang telah menetapkan santri yang berhak mewakili Kabupaten pada MQK bulan depan.

Berikut peserta terbaik yang meraih juara 1 dari masing masing cabang putra dan putri .
Cabang Pidato Bahasa Arab Putra, Muhammad Muzammil ( Dayah Harapan Ummat ) dan Adinda Nurul Izzah ( Dayah Jamiah Az- Zanjabil ).

Pidato Bahasa Indonesia diraih Mustafa dan Riska Mauliza keduanya dari dayah Nurul Fata.

Selanjutnya juara cabang Qiraatul Kutub yang meliputi 8 katagori untuk putra – putri yaitu, bidang Fiqh kitab Fath Al – Muin, M.Balian (Dayah Al- Madinatuddiniah Babussalam) dan Nurul Aida (Dayah Riadhul Mubarak Al – Idrisyiyah).

Bidang Ushul Fiqh Kitab Lathaif Isyarah , Aidul Fitriadi (Dayah Mudi Putra) dan Nurazizah (Miftahul Falah). Kemudian bidang Hadist kitab Al-Lu’lu’ Walmarjan, Husaini (Mudi Putra) sementara putri tidak ada.

Lalu bidang Tafsir kitab Al- Jalalain, diraih oleh M.Suhaimi ( Dayah Mudi Putra ) dan Yusrita ( dayah Darun Najah Putri ) , terus bidang Tauhid kitab Hasyiyah Addasuki, masing di peroleh oleh Abrar (Al- Madinatuddiniah Babussalam) dan Rizka Sukma (Dayah Darun Najah Putri .

Sedangkan bidang Tarikh kitab Nur Al – Yakin juaranya adalah Khairullah (Dayah Al Madinatuddiniah Babussalam ) dan Zahratul Aini (Dayah Darussaadah Cot Bada).

Sementara bidang Akhlak kitab Mukhtasar Ihya Ulumuddin ditempati oleh Baihaqi ( Dayah Mudi putra ) dan putri tidak ada, sedangkan bidang yang terakhir adalah Nahwu kitab Alfiyah juga juga diwakili putra, M.Hadi (Al Madinatuddiniah Babussalam).

Untuk selanjutnya peserta yang telah menjadi juara ini akan mempersiapkan diri menghadapi lomba MQK provinsi pada 29 November sampai 3 Desember 2019 mendatang.

“Dari peserta yang telah ditetapkan sebanyak 17 orang, ini masih belum terisi tiga peserta dibagian putri yaitu bidang Hadist, Akhlaq dan Nahwu dan ini akan segera kita lengkapi,” kata Halimah yang juga ketua panitia ini.

Untuk pengumuman selengkapnya kepada peserta seleksi dapat melihat langsung dikantor Dinas Pendidikan Dayah, Selasa (22/10/2019). (Faisal Ali)

BAGIKAN