KABAR BIREUEN-Petugas kebersihan Kota Bireuen atau pasukan kuning mulai tengah malam hingga pagi hari sudah melaksanakan tugas dengan baik menyapu sampah di seluruh ruas jalan  dalam kota Bireuen dan mengangkut seluruh sampah dengan armada sampah ke tempat pembungan akhir (TPA).

Setiap pagi hari seluruh ruas jalan  kota Bireuen ibu kota Kabupaten berikut Gampong Bandar Bireuen sudah bersih tertata rapi, ujar Syamsuar  mandor kebersihan kota Bireuen kepada Kabar Bireuen, Rabu (17/7/2019) lalu.

Tugas utama pasukan kuning (petugas kebersihan),  menyapu bersih sampah=sampah  di seluruh ruas jalan serta mengakut sampah dalam kota Bireuen  ke TPA.

Berkenaan dengan sampah  yang tersumbat dalam saluran pembuang Gampong Bandar Bireuen adalah tugas warga Bandar Bireuen membersihkannya melalui gotong royong.

Syamsuar yang sudah cukup lama bergelut dengan sampah juga menceritakan sekilas suka dukanya dalam menjaga kebersihan kota.

Sukanya, kata Syamsuar warga kota mengumpulkan sampah kering dan sampah basah dalam kantong plastik dimsukkan dalam drum sanpah yang telah disediakan.

Dukanya, warga kota Bireuen, membuang sanmpah kering dan sampah basah berserakan di badan jalan yang memberatkan petugas kebersihan mengumpulkan dan mengangkat ke armada sampah. Warga kota Bireuen kasihanlah sedikit kepada petugas kebersihan agar lebih mudah dalam mengangkat sampah-sampah ke armada sampah.

Selain itu sebagian warga kota disepanjang saluran pembuang masih membuang sampah kesalutan pembuang yang  mengakibatkan tersumbatnya saluran pembuang. Terendamnya sampah-sampah yang tersumbat dalam saluran pembuang kota Bireuen akan menimbulkan bau busuk yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.

Warga diharapkan tidak membuang lagi sampah ke saluran pembuang, buanglah sanpah di drum-drum yang telah disediakan agar lebih mudah dibersihkan da diangkut armada  ke TPA.

Keuchiek Bandar Bireuen Adnan Adam perlu memberikan peringatan menyurati warga Bandar Bireuen agar tidak lagi membuang sanmpah kedalam saluran pembuang. (H.AR Djuli).

BAGIKAN