KABAR BIREUEN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Bireuen Periode 2019 – 2023 Rusyidi Mukhtar S.Sos bersama sejumlah anggota dewan meninjau kondisi jalan Leubu – Ulee Gle , Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen yang mengalami rusak parah, Jum’at ( 11/10/2019).

Peninjauan kKtua DPRK Rusyidi Mukhtar yang didampingi empat anggota dewan Dapil 3 Zulkarnaini (PA), Mudassir (Demokrat), Iskandar Is S.Pd (Golkar) dan Athahillah M.Saleh, MA (PPP) adalah untuk melihat langsung kondisi jalan kecamatan Makmur yang selama ini sudah hancur dan rusak parah.

Dalam kunjungan singkat selama satu jam tersebut, Rusyidi Mukhtar menyaksikan langsung kondisi badan jalan berlubang mulai dari Simpang Leubu sampai pusat kecamatan di Ulee Gle yang sulit dilewati warga.

Di kawasan Desa Cot Kruet , rombongan turun dan melihat kondisi jalan bersama camat dan tokoh masyarakat, kemudian sesaat di sana mereka melanjutkan perjalanan menuju pusat kecamatan.

Sebelum sampai di Ulee Gle anggota legislatif itu menyempatkan diri melihat pengerjaan normalisasi Krueng Leubu dengan alokasi dana provinsi sebesar Rp 3,88 milyar di wilayah Desa Lapehan Mesjid.

Sampai di Ulee Gle, rombongan anggota legislatif meninjau jalan samping Polsek Makmur yang belakangan sering tergenang akibat saluran pembuang tidak berfungsi.

Menyangkut kondisi jalan utama Kecamatan Makmur itu, Ketua DPRK Rusyidi menyatakan, pada tahun 2020 akan memprioritaskan kelanjutan pembangunan jalan ini.

“Jika dananya tidak tertampung di APBK, akan kita usahakan di APBA ataupun dana Pusat,” kata pria yang akrab disapa Ceulangiek tersebut.

Ketika ditanya Kabar Bireuen perihal penanganan sementara untuk penimbunan lubang maut disepanjang jalan, Ketua DPRK menganjurkan untuk ditangani oleh dinas terkait agar ditimbun untuk sementara waktu menunggu perbaikan tahun anggaran mendatang.

“Kami menganjurkan lubang maut di sepanjang jalan leubu bisa ditangani dinas terkait untuk ditimbun sementara waktu, supaya pengguna jalan terhindar dari kecelakaan,” harap Ketua DPRK Bireuen.

Sementara itu politisi Partai Aceh asal Kecamatan Makmur, Zulkarnaini atau Zoel Sopan yang dimintai tanggapannya mengatakan, dia akan terus mengawal dan memperjuangkan harapan masyarakat makmur supaya tahun 2020 kelanjutan pembangunan jalan utama bisa terlaksana.

“Saya akan memperjuang agar tahun depan pembangunan jalan leubu menjadi prioritas,” sebut Zoel Sopan.

Sementara itu, Camat Makmur, Azmi S.Ag kepada Ketua DPRK dan rombongan berharap, perbaikan lanjutan jalan utama kecamatan ini bisa dituntaskan semua tahun 2020.

“Kami mohon pembangunan jalan utama ini bisa diselesaikan semua tahun depan, kasihan masyarakat kami harus berjibaku mengelak lubang – lubang yang siap menerkamnya,” pinta Camat Azmi.

Kunjungan tersebut turut didampingi anggota legislatif lain seperti, Jasman Rani, SE dan Sayuti (Demokrat) , M.Jafar (PDA) Amryadi dan Muslem Abdullah (PA) serta tokoh masyarakat Tgk.Muhammad Abdullah. (Faisal Ali)

BAGIKAN