KABAR BIREUEN – Puncak acara Hari Ulang Tahun ke-9, Lembaga Pendidikan Askafia (LPA) Kabupaten Bireuen, berlangsung sukses dan khidmat.

Berbagai kegiatan lomba diadakan dalam HUT ini, mulai 26 hingga 28 Oktober 2019, yaitu lomba Olimpiade Bahasa Inggris, News Reading dan Mendesain Logo. Pesertanya setara tingkat SD, SMP, SMA dan Umum.

Puncak kegiatan acara tersebut berlangsung di Hotel Djarwal Bireuen, Senin (28/10/2019), dihadiri antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, Drs M. Nasir M.Pd, Ketua Fraksi Juang Bersama DPRK Bireuen dari Partai Demokrat Zulfikar Apayub, Kabid Pembinaan SMP Zamzami S.Pd, Ketua LPA Astakari dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Kadis Disdikpora Bireuen, M. Nasir, mengatakan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bireuen, tidak mungkin menjangkau semua lapisan masyarakat untuk mengembangkan pendidikan.

Dengan adanya lembaga nonformal seperti Askafia ini, kata dia, kita harapkan bisa menjadi solusi bagi anak-anak yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal. Anak-anak putus sekolah dapat dididik di sini, terutama life skill-nya untuk kecakapan hidup.

“Sehingga, mereka memiliki keterampilan kecakapan yang bisa menghidupi dirinya sendiri maupun orang lain,” ujar M. Nasir.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan, Fitri Yani S.Pd, mengatakan, pendirian lembaga pendidikan ini didasari oleh rasa kepedulian untuk masyarakat Aceh, khususnya Kabupaten Bireuen, sejak Oktober 2010. Lembaga Pendidikan Askafia Bireuen membuka Kursus Bahasa Inggris.

“Setelah merintis selama 9 tahun, lembaga ini tidak hanya menyelenggarakan kursus bahasa Inggris, namun juga kursus komputer,” sebutnya.

Menurut Fitri yani, Askafia memiliki jaringan di dalam dan luar Provinsi Aceh serta pelosok Indonesia.

“Alhamdulillah, Askafia menjadi Lembaga yang dipercaya dan bermanfaat bagi masyarakat. Lembaga Pendidikan Askafia ini telah tercatat pada Akte Notaris SK Men Kehakiman dan HAM RI dan terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (infokursus.net) Nomor NILEK : 06113 . 4. 1. 0077./09, dan Nomor NPSN : K5651450,” jelas Fitri Yani. (Herman Suesilo)

BAGIKAN