KABAR BIREUEN-Puluhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Umum Tahun 2018 Angkatan III dari IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) Tahun Anggaran 2019.

Pelaksanaan Latsar CPNS ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Bireuen, Dailami S.Hut mewakili Bupati Bireuen, di Hotel Fajar Bireuen, Kamis (25/7/2019).

Dailami dalam inti arahannya mengatakan, PNS memiliki peranan yang penting dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dijelaskan, untuk dapat membentuk sosok PNS, maka perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan.

“Dengan adanya Latsar CPNS ini, para peserta memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Bireuen. Selain itu juga untuk membentuk PNS yang profesional, menguasai tanggung jawab, serta tugas pokok dan fungsinya,” harap Dailami.

Latsar adalah pintu gerbang masuk yang akan membawa CPNS masuk ke lingkup PNS Kabupaten Bireuen.

“Setelah menerima SK CPNS, maka Latsar menjadi satu dari persyaratan yang panting saudara ikuti. Karena jika tidak diikuti atau gagal dalam Latsar akan gagal menjadi PNS kelak,” jelasnya.

Untuk itu, kata Dailami, manfaatkanlah momen Latsar ini dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Karena sekarang ini ekspektasi atau harapan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah sangat tinggi.

“Kepada peserta setelah nantinya diangkat menjadi PNS dan mulai aktif bekerja, ilmu yang di dapat selama pelatihan dapat diimplementasikan,” harap Asisten Administrasi Umum Setdakab Bireuen ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Bireuen, Mawardi,S,STP.,M. Si mengatakan, tujuan Latsar bagi CPNS ini adalah untuk membentuk Calon PNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayanan masyarakat yang baik.

Lalu untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, dilandasi kepribadian dan etika PNS.

Mengetahui tentang kedudukan dan peran PNS, selain itu juga berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pemgayoman dan pemberdayaan masyarakat,” sebutnya.

Peserta Latsar bagi CPNS Angkatan III dan IV Formasi Umum Tahun 2018 ini berjumlah 80 orang sebagai peserta.

Terdiri dari, Tenaga Kesehatan berjumlah 12 orang peserta, Tenaga Pendidikan 66 orang dan Tenaga Adminitrasi 2 orang,

Pemateri adalah Widyaiswara dari BPSDM provinsi Aceh, Widyaiswara dari BPSDM Bireuen dan dari Lingkungan Pemkab Bireuen yang berkompeten di bidangnya.

Kegiatan Latsar ini dilaksanakan di Hotel Fajar mulai 25 Juli- 21 September 2019, selama 511 jam pembelajaran (JP), bersifat dua tahap, tahap Internalisasi (Klasikal) 191 JP dan Tahap Aktualisasi (Non Klasika) 320 JP.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala BPSDM Aceh, Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Bagian di lingkungan Pemkab Bireuen, Widyaiswarara/Tenaga Pengajar Latsar. Peserta Latsar dan undangan lainnya. (Herman Suesilo)

 

BAGIKAN