KABAR BIREUEN-Kapolres Bireuen diwakili Kabag Ren Kompol Eliadi, SE,.M. AP menghadiri dan melaunching Program Kepolisian Negara Republik Indonesia Kampung Mandiri Tangguh Nusantara Gemilang di Gampong Tanjong Seulamat, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Kamis (23/7/2020).

Kabag Ren Kompol Eliadi, SE,. M. AP menyampaikan, kampung tangguh nusantara ini program dari Kapolri yang sesuai dengan perintah.

“Kampung tangguh ini diharapkan dibentuk di masing-masing Polres untuk sebagai contoh didaerah masing-masing bagi masyarakat yang siap menghadapi Covid-19,” katanya.

Dalam menghadapi Covid-19, tangguh dibidang pangan harus bisa bertahan dengan kesehatan dan keamanan masing-masing disupport dengan kegiatan-kegiatan perekonomian yang menjalankan roda perekonomian didesa tersebut.

Disebutkannya, sumber daya manusianya juga harus mumpuni. Ini harus didorong oleh  Keuchik selaku pimpinan di desa ini dan disupport oleh kita mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil serta seluruh jajaran.

Sementara itu, Kapolsek Iptu Muklis, SE menyampaikan beberapa hal penting selaku pengagas dari kegiatan ini yang merupakan program Kapolri, yang melaunching Desa Tanjong Seulamat menjadi Desa Tangguh.

Sebelumnya Keuchik Tanjong Seulamat, Zaini, memaparkan terkait gambaran dan profil desa tersebut menjadi sebuah kekuatan ekonomi di daerah ini.

“Kedepan sudah didorong juga karena di sini daerah pertaniannya sudah berjalan baik, ini diperkuat termasuk infrastruktur lainnya,” kata keuchik setempat, usai meninjau beberapa hal penting yang dapat mendukung dengan nama program Desa yaitu Desa Tangguh.

Namun demikian, sebutnya, menjadi desa yang tangguh bukanlah hal yang mudah, tentu banyak pertimbangan menjadi harapan bersama dikarenakan telah siap menghadapi apapun yang terjadi akibat Covid-19 ini.

“Yang kita khawatirkan apabila Covid ini tidak terkendali ada masalah ekonomi di dalamnya. Namun, kami percaya karena telah melihat data dasarnya yang sudah dilakukan tinjauan langsung  Bapak Kabag Ren Kompol Eliadi dan Kapolsek Peudada Iptu Muklis, SE bersama jajaran sudah bagus sekali,” jelasnya.

Dikatakan Keuchik Zaini, Gampong Tanjong Seulamat ini dipilih karena memenuhi kriteria tersebut terutama yang paling utama adalah bahwa fasilitas yang ada dan sudah terbentuk diantara masyarakat, sudah ada dan sudah berjalan.

“Ini yang disupport serta dijalankan dan sesuai dengan fakta yang kali ini ada bahwa ternyata juga disupport betul oleh pemerintah melalui PD / Pld dan SKPD yang ada yang bertujuan untuk memajukan desa,” katanya lagi.

“Nah, ini harapannya kalau ini sudah berjalan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Bireuen Khususnya Gampong Tanjong Seulamat Peudada sehingga bisa tangguh menghadapi apapun situasi karena Covid-19 ini,” ujarnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Peudada diwakili  Sekcam, Maksalmina, Danramil Peudada diwakili babinsa Misran, Kepala Puskesmas Peudada Dr. Rini Noviyanti, Ketua Apdesi Kecamatan Peudada  Ir. Hurriman, penyuluh Pertanian, Syarifuddin, dan tak ketinggalan juga Pendamping Desa serta PLD dalam Kecamatan Peudada dan juga seluruh para undangan lainnya.

Peninjauan langsung ke lapangan terutama dalam hal penanganan kesehatan didukung oleh lingkungan yang bersih, rumah isolasi (Pustu), Bumdes serta UKM (ODGJ) dan juga meninjau lokasi ketahanan pangan Yaitu Penanaman pisang, jagung, padi, cabe dan lahan tani lainnya yang ada di desa tersebut dengan moto Gemilangnya Desa yang berarti imannya cemerlang.(REL)

BAGIKAN