KABAR BIREUEN – Puluhan operator gampong yang berasal 38 gampong dalam Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, mengikuti pelatihan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes).

Pelatihan yang dilaksanakan Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Jangka ini, berlangsung di Aula SMA Negeri 2 Peusangan, Senin (28/10/2019).

Ketua BKAD Kecamatan Jangka, Munawir, kepada wartawan menjelaskan, pelatihan Siskeudes ini dilaksanakan, agar operator gampong mampu mengoperasikan aplikasi Siskeudes dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Setiap gampong mengirimkan satu operator. Para operator gampong diwajibkan membawa laptop. Kepada para peserta juga diberikan baju, tas, alat tulis dan buku tulis,” jelas Munawir.

Pemateri pelatihan Siskeudes tersebut berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen, Kejaksaan Negeri Bireuen dan tenaga pendamping ahli komputer.

Sementara itu Camat Jangka, Alfian, S.Sos dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut, kepada para peserta dia berpesan, agar mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.

“Pelatihan ini untuk memudahkan pemerintah desa dalam membuat penganggaran dan pelaporan,” sebut Alfian.

Pelatihan Siskeudes yang dilaksanakan mulai 28-31 Oktober 2019 ini dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen Bob Mizwar, S.STP., M.Si, Kapolsek Jangka Ipda M. Abidin Fitri dan Camat Jangka Alfian, S.Sos. (REL)

 

BAGIKAN