KABAR BIREUEN– Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fikom) Umuslim lulus seleksi  mengikuti pelatihan animasi di  Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar Bali mulai sejak tanggal 20- 28 Juni 2019.

Demikian  informasi yang disampaikan dosen pengasuh mata kuliah Animasi Umuslim T.  Rafli A., M.Sn melalaui Kabag Humas Zulkifli, M.kom kepada media, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, pelatihan diadakan setiap tahun dengan kompetensi yang beragam, khususnya yang berhubungan dengan animasi dan industri creatif.

“Peserta berasal dari  seluruh Indonesia, untuk menjadi peserta harus lolos seleksi  yang diadakan Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar. semua biaya ditanggung pemerintah alias gratis,” ungkap T.Rafli yang pernah lama tinggal di Bandung ini

Tujuan pelatihan  untuk membekali pengetahuan peserta dalam  upaya meningkatkan kecakapan dan meminimalisir kesenjangan  lulusan akademik dengan kebutuhan dunia industri.

“Nantinya peserta juga akan di uji kompetensi  dilakukan oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) nasional,  yang lulus  mendapatkan dua sertifikat, sertifikat pelatihan dan sertifikasi profesi  BNSP,” jelas T.Rafli.

Menurutnya Balai Diklat Industri Denpasar Bali  merupakan lembaga dibawah binaan Kementerian Industri dengan spesialisasi animasi, kerajinan dan barang seni, program pelaksanaan diklat berbasis spesialisasi dan kompetensi sesuai SKKNI serta Uji kompetensi dan sertifikasi.

“Alhamdulillah tahun ini merupakan angkatan kedua mahasiswa  Umuslim lolos mengikuti pelatihan bergengsi bidang animasi ini, angkatan sebelumnya juga meloloskan tujuh peserta mengikuti pelatihan ini,” tambah Zulkifli.

Adapun peserta dari Umuslim Muna Khalis, Alvin Khairi, Muhammad Naufal, Muhammad Ichsan dan Hendra Saputra. (Ihkwati)

 

 

 

BAGIKAN