KABAR BIREUEN- Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Universitas Almuslim yang tergabung dalam komunitas Ikatan Mahasiswa Bidikmisi (IKAMB) Universitas Almuslim Peusangan Kabupaten Bireuen melakukan aksi sosial dengan pembagian paket Ramadhan berupa sembako di beberapa desa terpencil dalam Kabupaten Bireuen, Minggu (10/5/2020).

Ketua Ikatan mahasiswa bidikmisi (IKAMB) Umuslim, Sarah Savana menjelaskan, mahasiswa penerima bidikmisi Umuslim, di bulan Ramadhan ini, merasa tergerak hati untuk melakukan aksi sosial dengan menyerahkan sedikit bantuan berupa sembako kepada fakir miskin, anak yatim, penyandang disabilitas, dan kaum duafa di desa-desa terpencil.

“Ini merupakan bantuan dari teman-teman mahasiswa penerima bidikmisi, ada sekitar 500 paket yang kami bagikan ke masyarakat dari berbagai desa terpencil,” ujar Sarah Savana.

Paket ini merupakan donasi dari mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi Universitas Almuslim, dengan menyisihkan alakadar setiap pencairan dana bidikmisi, kemudian dijadikan dana kas, juga open donasi secara terbuka.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan sukses, semua paket tersalurkan untuk mereka yang membutuhkan,” sebut Sarah Savana terharu.

Dia mengucapkan terima kasih kepada teman-teman mahasiswa yang sudah bekerja keras untuk suksesnya kegiatan ini. Dan juga untuk para donatur yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Adapun isi paket berupa minyak goreng, gula, beras dan sirup. Kegiatan sosial ini rutin tiap tahun kami lakukan di bulan Ramadhan,” sebut Sarah Savana.

Sementara itu, Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli, M.Kom memberikan apresiasi atas program aksi sosial yang dilakukan mahasiswanya.

“Kita sangat bangga dan memberikan apresiasi aktivitas yang dikakukan mahasiswa penerima bidikmisi, ini inisiatif mereka, kami hanya membimbing dan mengarahkan saja,” jelasnya.

Kegiatan sosial yang dilakukan mahasiswa ini sangat sejalan dengan program kuliah merdeka yang dicanangkan Mendikbud Nadiem Makriem, mengarahkan mahasiswa belajar dan banyak aktif di masyarakat.

“Selain program aksi sosial di bulan Ramadhan, penerima bidikmisi juga kita arahkan untuk melaksanakan program peningkatan kapasitas keilmuan lainnya seperti diskusi, seminar dan kegiatan akademis lainnya,” ungkap Zulkifli.

Dikatakan Zulkifli, paket bantuan ini langsung mereka antar ke penerima di beberapa desa dalam wilayah Kabupaten Bireuen, juga melibatkan ormawa Pemerintah Mahasiswa (Pema) Umuslim. (REL)

BAGIKAN