KABAR BIREUEN-Camat Juli, Doli Mardian SE. M.S.M,  secara resmi membuka kegiatan Islamic Games se Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Sabtu (27/7/2019) di Halaman Kantor Pemerintah Kecamatan setempat.

Kegiatan yang diselenggarakan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 33 Gampong dalam wilayah Kecamatan Juli ini, dihadiri oleh, Forkopimcam Juli, Imum Mukim, para keuchik  beserta perangkat gampong, unsur lembaga gampong dalam wilayah Kecamatan Juli dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Indra Wahyudi kepada Kabar Bireuen mengatakan, Islamic Games ini digelar selama dua hari (27-28 Juli 2019) di tiga tempat berbeda, yaitu di halaman Kantor Camat Juli, Aula Pemerintah Kecamatan dan Gedung Serba Guna Kecamatan Juli.

Kegiatan ini, diikuti 223 peserta putra dan putri utusan dari 33 gampong dari 36 gampong yang ada dalam wilayah Kecamatan Juli. Kabupaten Bireuen.

Sebelum ikut di tingkat kecamatan, kata Indra Wahyudi, peserta di seleksi di gampong masing-masing oleh mahasiswa KKN.

Kegiatan yang diperlombakan, yaitu Lomba Azan tingkat SD/MI diikuti 32 peserta. Lomba Pidato tingkat SMP/MTs, 26 peserta Tilawah tingkat SD/MI, 27 peserta.

Selanjutnya, Lomba Hafalan Surah Pendek tingkat SD/MI, putra 21 peserta, putri 30 peserta dan Lomba Cerdas Cermat tingkat SMP/MTs, diikuti 29 kelompok, setiap kelompok terdiri 3 peserta.

“Peserta terbaik masing-masing di cabang lomba yang diperlombakan, akan diberi bingkisan hadiah menarik dari panitia, apresiasi buat semua pihak yang telah mendukung kegiatan kami baik di tingkat kecamatan maupun di gampong-gampong tempat kami melakukan KKN,” kata Indra Wahyudi.

Sementara itu Camat Juli Doli Mardian SE. M.S.M dalam arahannya mengatakan, kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Peranan Generasi Muda Terhadap Karakter Yang Islami” ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

“Selain itu, kegiatan ini dapat melestarikan seni budaya Qurani dan meningkatkan ukhuwah islamiyah antar gampong dengan mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata,” sebutnya.

Camat Juli ini berharap kepada peserta Islamic Games ini, untuk dapat menunjukan kemampuan yang maksimal sebagai duta gampong masing-masing dan meraih prestasi terbaik.

Diharapkan juga melalui Islamic Games ini dapat melahirkan dan memiliki qori dan qoriah terbaik, yang akan mewakili Kecamatan Juli, baik di tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi. Nasional bahkan tingkat Internasional.

Doli Mardian mengimbau kepada keuchik di 36 gampong untuk terus meningkatkan pengajian-pengajian yang telah dijalankan selama ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN