KABAR BIREUEN-Jembatan rangka baja yang menghubungkan Dusun Keudee dan Lubok Keumiki di Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen mulai dikerjakan. Perusahaan yang dipercayakan untuk mengerjakan proyek jembatan di pedalaman Kecamatan Juli adalah PT. Takabeya Perkasa Group.

Direktur Utama PT. Takabeya Perkasa Group, H. Mukhlis AMd yang ditanya Kabar Bireuen pada acara kenduri tanda dimulai pengerjaan jembatan itu, Senin (17/8/2020) mengatakan, jembatan rangka baja itu akan menghubungkan Dusun Keudee dengan dusun lainnya di Desa Krueng Simpo.

Selain menghubungkan antar dusun di dalam desa pedalaman di pedalaman Kecamatan Juli, keberadaan jembatan itu membuka daerah itu dengan kawasan sekitar.

“Meski jumlah anggaran yang tersedia dari sumber Otsus Aceh tidak dapat selesai tahun ini, tapi jika Pemerintah Bireuen menyetujuinya untuk rampung desember ini, kami pihak perusahaan bersedia membantu merampungkan secara sistem tahun jamak (multi years),” tegas H Mukhlis.

Sementara Keuchik (kades) Krueng Simpo, Safrizal SPd mengatakan, jembatan itu terwujud setelah melalui perjuangan panjang. Kata Keuchik Safrizal dengan adanya jembatan rangka baja itu di atas Alu Phon membuka akses transportasi sejumlah desa di pedalaman Kecamatan Juli.

“Jembatan ini akan membuka akses transportasi daerah terisolir penghasil komoditi pertanian dan perkebunan,” sebutnya.

Diceritakan Keuchik Krueng Simpo, pengajuan pembangunan jembatan Alue Phon telah dimulai sejak 2006 silam. Namun sebut dia, harapan warga itu baru terakomodir pada 2019 dan dimulai tahun ini untuk tahap awal.

“Kami tahu dibangun sesuai ketersediaan anggaran. Jembatan ini dikerjakan bertahap, tapi mengingat keperluan yang sangat terdedak yaitu untuk membebaskan warga yang terisolasi, maka kami harapkan Pemerintah Bireuen bersedia merampungkan jembatan ini pada Desember 2020. Dan dari bincang bincang kami dengan H Mukhlis, beliau bersedia merampungkan pada Desember. Kata dia itu apabila disetujui oleh bupati dan DPRK,” sebut Keuchik Krueng Simpo.

Teuku Muhammad Mubarak, selaku wakil rakyat dari Dapil 6 (Juli-Jeumpa) yang menghadiri acara kenduri tanda dimulai pengerjaan jembatan itu mengatakan, sudah selayaknya dana publik harus mencerminkan kebutuhan rakyat. Seperti halnya dalam pembiayaan pembangunan jembatan Alue Phon ini.

“Kita harus mendukung penuh kegiatan pembangunan ini, supaya tidak ada kendala di lapangan. Sehingga, seluruh proses tahapan berjalan lancar dan selesai sesuai target, serta bermanfaat bagi kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Amatan Kabar Bireuen di lokasi pembangunan jembatan rangka baja yaitu di palung Alue Phon di Desa Krueng Simpo telah didatangkan alat berat. Selain itu juga telah dipasang boplang. (Rizanur)

BAGIKAN