KABAR BIREUEN – Dalam rangka menghadapi Musabaqah Qiraatul Kutub ( MQK ) tingkat provinsi Aceh pada November mendatang, sebanyak 100 santri dayah se – kabupaten Bireuen mengikuti seleksi di Musalla Dinas Pendidikan Dayah, mulai Selasa 15 – 18/10/2019 ).

Kepala Bidang ( Kabid ) Pembinaan dan Pendidikan Dayah, Dra. Halimah kepada Kabar Bireuen, Rabu ( 16/10/2019) menjelaskan, kegiatan yang diikuti 68 santri dan 32 santriwan ini akan mengikuti tiga macam bidang perlombaan yaitu baca kitab kuning (qiraatul kutub), pidato bahasa Arab dan pidato bahasa Indonesia.

Seleksi yang berlangsung selama 4 hari ini bertujuan untuk mencari 20 santri terbaik yang akan mewakili Bireuen pada ajang MQK tingkat provinsi yang berlangsung 29 November – 3 Desember 2019 mendatang.

“Musabaqah ini adalah untuk memilih 20 peserta terbaik yang akan mewakili Bireuen ke perlombaan MQK provinsi November 2019 nanti,” jelas Halimah.

Untuk menentukan peserta terbaik panitia melibat 6 orang tim seleksi dan mereka adalah Tgk. Murtadha Yusuf, MA, Drs.Akhtiar Ismail, Lc, MA, Tgk. Edi Saputra , kemudian Dr. Nazaruddin, S.Ag, MA, Yusri S.Hi dan Firdaus S.Fil.I.

Sementara itu, Plt. Dinas Pendidikan Dayah, Ir.Jafar Puteh dalam sambutan saat pembukaan mengharapkan, kepada peserta untuk dapat tampil maksimal semoga mendapat nilai terbaik sehingga nantinya menjadi duta Bireuen ke MQK tingkat provinsi.

“Kepada peserta kami berharap untuk dapat tampil maksimal dan mendapat nilai terbaik, sehingga menjadi perwakilan Bireuen ditingkat provinsi,” harap Ir.Jafar.

Sebagaimana diketahui pada event MQK provinsi tahun 2018 , satu peserta dari Bireuen Tgk. Muhammad Khatami santri dayah Madinatuddiniah Babussalam ,Blang Bladeh sukses menjadi juara 1 qiraatul kutub. (Faisal Ali)