KABAR BIREUEN – Direktur PT.Takabeya Perkasa Group, H.Mukhlis A.Md membantu pintu air saluran pompanisasi Pante Sikumbong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Jumat ( 21/8/2020).

Bantuan yang diantar langsung petarung dari selatan ini menggunakan mobil Kala Mirah Team bersama rombongan untuk penutup pintu saluran yang digunakan oleh petani tujuh gampong dalam kemukiman Buket Antara , yaitu Gampong Moun Jeurjak, Tanjong Raya, Cot Rambat, Pulo Gisa, Tanjong Mesjid, Blang Kubu dan Tanjong Bungong.

H. Mukhlis yang dikonfirmasi media disela-sela pemasangan pintu air menjelaskan, bantuan pintu air yang diberikan adalah bentuk kepeduliannya dalam menyahuti kebutuhan urgen bagi masyarakat petani.

Karena, katanya, tali air yang berada dipinggir Krueng Mane jika tidak ada pintu maka air yang di pompa ke saluran akan surut ke sungai dan saat sungai meluap air masuk ke perkampungan dan sawah juga terendam.

“Pintu ini mempunyai banyak fungsi, dikala banjir air sungai tidak bisa masuk dan ketika petani mengisi air pintu ditutup agar tidak surut ke sungai dan boleh juga untuk pembuang,” kata pengusaha sukses ini.

Muzakkir, sekretaris panitia kepada media mengatakan, keberadaan saluran sepanjang lebih kurang 2000 meter ini sangat bermamfaat kepada petani , sebab sebelum petani di tujuh desa tersebut selalu mengalami gagal panen akibat air tidak stabil.

“Sejak adanya pompa celup ini, selama tiga tahun terakhir terhitung 2018 petani dapat melakukan panen secara maksimal,” ujar Muzakkir.

Untuk itu, Muzakkir atas nama panitia mengucapkan terima kasih atas perhatian H.Mukhlis yang telah menyediakan pintu air, karena selama ini pintu satu ini ditutupi dengan karung yang diisi tanah.

“Alhamdulillah dengan bantuan ini dapat bermamfaat untuk masyarakat kami,” ungkap Muzakkir.

Sementara itu Imum Mukim Buket Antara, Tgk.Zakwan berharap kepada pemerintah daerah agar dapat membangun saluran beton sepanjang 1500 meter yang masih dalam kondisi alami.

“Kami berharap pemerintah dapat membangun saluran beton supaya suplai air ke sawah penduduk tidak terhambat,” harap Tgk.Zakwan.

Turut hadir pada acara pemasangan pintu air tersebut, Camat Gandapura Mirza Fahmi, anggota DPRK Bireuen Partai Golkar, Iskandar S.Pd, keuchik dan sekdes dalam kemukiman Buket Antara serta masyarakat setempat. (Faisal Ali)

BAGIKAN