KABAR BIREUEN – Sejumlah 37 grup ikut serta pada lomba cerdas cermat dalam kegiatan Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) antar kelas yang diselenggarakan oleh keluarga besar SMPN 1 Bireuen.

Selain mata lomba cerdas cermat, kegiatan Pentas PAI antar kelas ini juga memperlombakan mata lomba kaligrafi, pidato, tilawatil Qur’an dan tahfidz.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun, S.Pd., MSM, di sela-sela kegiatan lomba cerdas cermat tersebut di halaman sekolah setempat, Selasa (7/9/2021) pagi.

Disebutkan, ke 37 grup tersebut terdiri utusan dari kelas 7 sejumlah 12 grup, kelas 8, sejumlah 11 grup dan kelas 9 sebanyak 14 grup. Lomba ini berlangsung hingga 9 September 2021, dengan materi soal yang diberikan berbeda menurut tingkatan kelas.

“Juara 1, 2, 3 dan Juara harapan 1, 2 dan 3 masing-masing kelas, diberikan hadiah dari panitia. Kemudian Juara 1 tiap kelas akan kita lombakan lagi,” sebut Ibrahim Harun.

Dijelaskan, Pentas PAI ini sebagai salah satu upaya sekolah untuk membangkitkan motivasi anak, dalam berleterasi dan menguji kompetensi atau kemampuan anak didik serta sebagai edukasi anak didik lainnya.

Selain itu, pentas PAI ini, sebagai tolak ukur sejauh mana kemampuan anak didik tentang pengetahuan agama Islam yang mereka pelajari.

Dengan dikemas dalam bentuk lomba antar kelas ini, diharapkan dengan adanya Pentas PAI ini dapat mempererat ukhuwah Islamiyah, membina persaudaraan dan kesatuan antar pelajar.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan atas peran sertanya dan dukungan warga sekolah,” ujar Kepala SMPN 1 Bireuen ini. (Herman Suesilo)