KABAR BIREUEN – Sebanyak 35 Pasangan suami Isteri (Pasutri ) warga Kecamatan Makmur dan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen mengikuti sidang Itsbat nikah di gedung serbaguna , Senin (14/10/2019).

Sidang itsbat nikah untuk warga miskin dan korban konplik ini difasilitasi oleh Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kemenag dan Mahkamah Syar’iyah Bireuen .

Bupati Bireuen, H.Saifannur, S.Sos dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Syariat Islam, H.Jufliwan, SH,MM mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara pemerintah kabupaten Bireuen untuk membantu masyarakat korban konplik agar mendapatkan hak atas pengakuan pernikahannya.

Pasangan suami isteri juga akan mendapatkan akte nikah yang sudah hilang atau yang belum ada sama sekali, juga akan diberikan akte kelahiran untuk dirinya dan keluarganya.

“Kami berharap dengan pelaksanaan itsbat nikah ini, masyarakat Bireuen tidak ada lagi yang tidak memiliki akte nikah dan akte kelahiran pada tahun 2019 ini, ” kata Jufliwan.

Menurut keterangan staff KUA kecamatan Makmur, Musbir, S.Ag, pasutri yang mengikuti sidang isbat yang dipimpin oleh para hakim dari Mahkamah Syariyah ini berasal dari desa Leubu Cot, Leubu Mesjid, Kuta Barat, Ulee Gle, dan Seunebok Baro masing masing satu pasangan.

Kemudian Leubu Mee dan Sukarame 2 pasangan, lalu yang tiga pasanagn adalah Lapehan Mesjid, Pulo Teungoh dan Panton Mesjid .

Berikutnya desa Mereubo dan Blang Perlak 3 pasangan dan yang terakhir Aralipeh 6 pasutri.

Sedangkan satu pasangan lagi dari desa Kubu Raya, kecamatan Peusangan Siblah Krueng.

Kegiatan isbat nikah yang berlangsung mulai pagi hingga siang itu juga dilaksanakan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akte kelahiran oleh Disdukcapil bagi masyarakat setempat.

Turut hadir pada acara tersebut, kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs.H.Zulkifly Idris, M.Pd, Ketua Mahkamah Syar’iyah Drs. Amiruddin, SH, MH, Kadis Dukcapil Ir.M.Jafar, MM, kepala KUA Kecamatan Makmur Abdul Halim S.Hi, Camat Makmur Azmi, S.Ag , Danramil, Kapolsek dan para saksi masing- masing pasangan. (Faisal Ali).

BAGIKAN