KABAR BIREUEN-Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Mayjend TNI Arief Rahman, M.A. mengunjungi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Tahun 2019, di Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Selasa (23/7/2019).

Dalam kunjungan itu, Danpusterad didampingi Timkemhan Kolonel Inf Supri Widodo dan Letkol Arm Agus Junaidi, Ahli Pangdam IM Bidang Ilpengtek dan LH Kolonel Arm Surya Darma Damanik, Bupati Bireuen H. Saifannur. S.Sos., Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf. Amrul Huda, S.E., M.M., M.S.c. selaku Dansatgas TMMD.

Rombongan secara langsung mengadakan pengecekan atau pengawasan dan Evaluasi (Wasev) terhadap pelaksanaan TMMD di Wilayah Kecamatan Makmur.

Danpusterad Mayjend TNI Arief Rahman dalam amanatnya menyampaikan, kedatangan tim wassev ke kodim 0111/Bireuen adalah dalam rangka melaksanakan perintah Kasad Jendral TNI Andika Perkasa selaku penanggung jawab operasional TMMD.

“Ini guna melihat secara langsung pelaksanaan di lapangan serta untuk mendapatkan saran/masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan TMMD yang mendatang,” sebutnya.

TNI Manunggal Membangun Desa merupakan Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian / LPNK Pemda dan masyarakat.

Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan menggunakan proses Bottom Up Planning Syistem secara komprehensif dan intergral.

Danpusterad telah menyaksikan secara langsung pelaksanaan TMMD regular 105 di wilayah Kodim 0111/Bireueun, yang pada dasarnya tidak ada permasalah, kunjungan tersebut berjalan dengan tertib dan lancar.

Sementara itu, Keuchik Blang Perlak, Ridami mengatakan, masyarakat sangat senang dengan kehadiran TMMD di desanya.

Dia berharap kedepan kekeluargaan antara Satgas TMMD dengan warga tetap berjalan dan berharap Blang Perlak ke depan kembali mendapatkan program TMMD karena mamfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat.

“Warga Blang Perlak bangga kepada anggota Satgas TMMD karena mereka rela meninggalkan anak dan istrinya selama sebulan untuk membangun di desa ini,” ungkapnya.

TMMD yang dilaksanakan di Desa Blang Perlak, sasaran pokoknya brrupa pembukaan jalan, pembuatan saluran jalan, pembuatan jembatan, pembuatan plat beton, pembuatan talud pada berjalan dengan lancar.

Ini berkat kerja keras satuan pelaksana yang dalam hal ini SSK Gabungan Kodim 0111/Bireuen yang telah bekerja sama dengan masyarakat daerah sasaran sehingga sasaran dapat dikerjakan sesuai dengan rencana.

Sasaran fisik yang dikerjakan saat ini adalah merupakan sasaran yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Sekda Bireuen Ir H. Zulkifli Sp., Ketua DPRK Bireuen Drs. Ridwan Muhammad, M.Si., Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, SIK., Kasdim 0111/Bireuen, Mayor Arm Ranna Hidfitriyadi, S.Sos, Danyonif RK 113/JS Mayor Inf Yudhi H.P.

Kepala Satpol PP dan WH  Bireuen Jamaluddin,  Kepala dinas, badan dan kantor di lingkungan Pemkab Bireuen, Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0111/Bireuen, keuchik dalam wilayah Kecamatan Makmur, tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Makmur serta wartawan media cetak, elektronik dan media online.(Ihkwati)

 

BAGIKAN