KABAR BIREUEN-Pembentukan pengurus baru periode 2019-2024 Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Dan Forum Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Pandrah gelar acara tepung tawar/peusijuk Jamaah Calon Haji (JCH) setempat pada Kamis, (18/07/2019) pagi.

Acara yang digelar di Masjid Besar Baitul Kiram, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen turut dihadiri seluruh anggota IPHI, Camat Pandrah, Kapolsek IPDA Ahmad Syukri, Danramil Kapten. Inf Jailani, Imum Mukim, para Keuchik dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

Camat Pandrah, Teguh Mandiri Putra, S. STP dalam sambutannya, meminta kepada jamaah haji Kecamatan Pandrah tahun ini agar menjaga kesehatan saat di tanah suci serta mendo’akan Pandrah ini selalu damai aman dan terus bangkit.

“Pertama, saat di Multazam atau beberapa tempat mustajab lain jangan lupa doakanlah Pandrah ini selalu damai aman, tentram, kompak dan terus bangkit. Kedua, sebutkan dan panggilkan nama Teguh Mandiri Putra agar sampai ke tanah suci nantinya, Amin,” sebut Camat Pandrah.

Ada beberapa tempat di Mekkah lanjutnya yang mustajab doa, maka dari itu setiap masyarakat Pandrah yang berhaji atau umrah doakanlah Pandrah ini agar damai dan tentram di tempat-tempat yang mustajabah doa tersebut.

Sementara itu Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kecamatan Pandrah Tgk. H. Mustafa Amin di sela-sela acara berlangsung menyebutkan ada dua agenda acara yang dilaksanakan hari ini, pertama Peusijuk Jama’ah Haji dan kedua pembentukan pengurus baru.

“Selain acara pelepasan jamaah juga ada acara pembentukan pengurus baru IPHI, tadi secara aklamasi saya ditunjuk kembali untuk memimpin satu periode lagi,” kata Tgk Mustafa.

Dikatakanya pembentukan pengurus baru IPHI periode 2019-2024 Kecamatan Pandrah terpilih yang terdiri dari Ketua Tgk. Mustafa Amin, Wakil Ketua H. Jafaruddin Adami, S. Pd, Sekretaris Tgk. H. Mukhlis, S. Pd dan Bendahara H. Ja’far Agani.

Selain itu, untuk tahun ini JCH asal Pandrah berjumlah 5 orang, yaitu 2 Laki-laki dan 3 Perempuan, mereka mulai masuk asrama haji bersama 282 orang JCH Kabupaten Bireuen lainnya pada Rabu, 31 Juli 2019 pukul 08.00 Wib.

“Mereka akan diberangkatkan pada Kamis, 1 Agustus 2019 pukul 06.40 WIb Melalui embarkasi Banda Aceh Kelompok Terbang (Kolter) 10 Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Banda Aceh,” kata Tgk. Mustafa.

Menurut data yang dirilis oleh Kakanwil Kemenag Aceh Kolter 10 berjumlah 393 orang terdiri dari 287 orang JCH asal Kabupaten Bireuen dan 98 orang JCH Kabupaten Aceh Besar, 3 Orang TPHD, dan 5 orang Ofisial. Kolter 10 pemondokannya di Mekkah Maktab 18 No. Hotel/Kpst:228/32&227/188. Wilayah Syisyah 2 sektor: 2.

Sedangkan perulangan JCH kolter 10 akan bertolak dari Madinah pada Rabu, 11 September 2019 pukul 12.30 waktu Arab Saudi, tiba ditanah air pada Kamis 12 September 2019 pukul 00.20 WIB via Bandara SIM Blang Bintang.

Sementara sisa JCH Kabupaten Bireuen 14 orang akan bergabung dengan kolter 12 bersama dengan sisa JCH 17 Kabupaten/kota lain di Aceh diberangkatkan pada, Minggu, 4 Agustus 2019 pukul 10.55 WIB, dan tiba ditanah air pada Minggu, 15 September 2019 pukul 04.35 WIB. (Al Fadhal/ Sekretaris Pengurus Daerah Tastafi Kecamatan Pandrah)

BAGIKAN