KABAR BIREUEN-Untuk membangun Bireuen tidak hanya tugas pemerintah semata, tetapi diperlukan peran berbagai pihak termasuk peran generasi muda khususnya Karang Taruna. Oleh karenanya, Karang Taruna harus bisa bersinergi dengan pemerintah.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani, SH., M.Si. saat membuka secara resmi acara Temu Karya Karang Taruna Bireuen III Tahun 2018, di Aula Lama Setdakab. Rabu pagi (14/11/2018).

Muzakkar A Gani menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bireuen berkomitmen memperhatikan dan mendukung aktivitas Karang Taruna. Hal itu sesuai dengan permensos RI. Nomor 77/HUK/2010 dan UU Desa No.6 tahun 2014.

Karang Taruna adalah mitra pemerintah dalam membina dan memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda yang berada di gampong-gampong.

Juga sejalan dengan visi misi Kabupaten Bireuen untuk mengintegrasikan dan mensinergikan pembangunan menuju masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.

Dengan memberikan perhatian penuh dan serius terhadap perkembangan Karang Taruna tentunya akan menjadi momentum awal dari program pemberdayaan generasi muda pasca mengalirnya dana desa ke tingkat Gampong.

Banyaknya alokasi anggaran di tingkat gampong tentunya tidak salah, apabila perangkat gampong dapat merancang aturan tentang pemanfaatan dana desa untuk kegiatan pemberdayaan generasi muda melalui wadah Karang Taruna.

Karena Karang Taruna mempunyai peran strategis dalam membina generasi muda dan setiap kegiatannya juga sangat menyentuh dengan kepentingan masyarakat.

Karang Taruna harus selalu bersinergi dan menjadi pelopor dalam setiap pembangunan baik dalam kerja sosial masyarakat, memajukan ekonomi kreatif, dan berbagai pemberdayaan generasi muda lainnya menuju masyarakat yang mandiri.

Kepada segenap warga Karang Taruna, pemerintah berharap agar dapat terus meningkatkan dan mengembangkan segala potensi dan peran aktifnya untuk terus bekerja sama, berkoordinasi dan berkolaborasi serta berkomunikasi dengan pemerintah baik tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun tingkat Gampong dalam setiap aktivitas pembangunan.

Untuk ke depan, Pemerintah Kabupaten Bireuen sangat mengharapkan kepengurusan Karang Taruna yang baru dapat merancang berbagai program yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga organisasi Karang Taruna menjadi magnet bagi generasi muda dalam berorganisasi.

“Selamat melaksanakan Temu Karya, semoga dapat melahirkan kepengurusan yang kreatif, berdaya saing dan bermartabat, menuju masyarakat Kabupaten Bireuen yang sejahtera,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua panitia Suryadi S.Pd melaporkan, kegiatan ini selain, memilih bakal calon pengurus baru, juga sebagai bagian dari mengevaluasi hasil kinerja karang taruna periode 2013-2018.

Selain itu juga untuk membangun menjalin silaturahmi dan kekompakan antar pengurus Karang Taruna baik tingkat Desa Kecamatan dan Kabupaten..

“Kita berharap kegiatan ini berlangsung dengan tertib aman dan demokratif, demokrasi dan juga sportif,” ujar Suryadi. (Herman Suesilo).

 

BAGIKAN