KABAR BIREUEN – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Aceh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan uji kompetensi konstruksi berlangsung di aula teknik kampus timur Universitas Almuslim, Selasa-Rabu (24-25/9/2019).

Menurut Ketua Panitia  dari Balai Jasa Konstruksi Wialyah I Aceh, Yusnini, A.Md menjelaskan, kegiatan uji kompetensi sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi ini merupakan amanat Undang-Undang No. 2/2017.

“Tujuannya untuk memberi arah pertumbuhan dan perkembangan jasa konstruksi guna mewujudkan struktur usaha yang kokoh, andal, berdaya saing tinggi, dan hasil yang berkualitas,” ucapnya.

Pada kegiatan ini peserta dibekali pengetahuan mengenai tata cara pelaksana pekerjaan jalan dan gedung terkait permasalahan permasalahan yang dihadapi di lapangan.

Kegiatan dibuka Dekan Fakultas Teknik, Ir. Iskandar Azis, MT menyambut baik dan berterima kasih pada Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Aceh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas dipilihnya Universitas Almuslim sebagai lokasi kegiatan yang sangat penting bagi dunia konstruksi. Ini dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam bidang pelaksana pekerjaan jalan dan gedung.

“Nantinya para mahasiswa ini akan siap mengikuti uji sertifikasi pekerja konstruksi yang diwajibkan untuk para pekerja,” tambahnya.

Di akhir kegiatan, panitia akan memberikan sertifikat kompetensi kepada para peserta setelah melalui uji kompetensi yang dilakukan tim Assesor Lembaga Pengembang Jasa Konstruksi (LPJK) Aceh.

Peserta pelatihan sebanyak 70 berasal dari mahasiswa dan alumni Fakultas Teknik Sipil Umuslim serta beberapa kalangan dari berbagai profesi konstruksi yang ada di Bireuen.

Hari pertama, peserta mendapatkan teori dari narasumber, sedangkan hari kedua peserta diadakan asesmen (penilaian) wawancara oleh asesor dari tim Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Aceh. (Ihkwati)

BAGIKAN