KABAR BIREUEN – Konsumsi pangan yang berkualitas, ditunjukkan dengan keragaman jenis pangan dan ikan. Keseimbangan gizi dan protein dalam pola konsumsi sehari-hari dibutuhkan tubuh manusia agar dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Sekdakab Bireuen, Ir Zulkifli, Sp pada pembukaan Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan Serba Ikan Tingkat Kabupaten Tahun 2019 yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat di halaman Meuligoe Bireuen, Senin (17/6/2019).

“Karena itu, secara gencar pemerintah melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan dan ikan,” jelas Zulkifli.

Upaya tersebut, katanya, dilakukan dengan mengubah pola komsumsi pangan dan ikan. Sehingga, masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangannya, baik untuk jenis pangan sumber karbohidrat, sumber protein, serta sumber vitamin dan mineral.

Dalam rangka mendukung upaya tersebut, menurut Zulkifli, konsumsi pangan yang beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA,) dengan memanfaatkan pangan lokal serta peningkatan konsumsi ikan, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Kita harapkan, dengan adanya lomba ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya peserta akan pentingnya konsumsi pangan B2SA serta peningkatan konsumsi ikan dalam mengembangkan atau menciptakan resep B2SA dan serba ikan yang dapat diaplikasikan sehari-hari,” pinta Sekda Zulkifli.

Sebelumnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bireuen, Irwan, SP, M.Si dalam laporannya menjelaskan, tujuan pelaksanaan lomba ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA dan Serba Ikan, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

“Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan dan mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal dan olahan ikan yang bernilai komersial,” sebut Irwan.

Dijelaskannya, peserta lomba berasal dari 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen untuk kategori Lomba Cipta Menu B2SA diikuti sembilan Kecamatan, yaitu Kecamatan Peudada, Jeumpa, Kota Juang, Juli, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Kutablang dan Makmur.

Sementara untuk kategori Lomba Masak Serba Ikan, diikuti delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Samalanga, Simpang Mamplam, Pandrah, Jeunieb, Peulimbang, Kuala, Jangka dan Gandapura.

“Juara pertama dari masing masing kategori, menjadi perwakilan Kabupaten Bireuen untuk mengikuti lomba tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 5-6 Juli 2019 mendatang,” ujar Irwan. (Herman Suesilo)

BAGIKAN