KABAR BIREUEN – Tim Dekranas Provinsi Aceh melakukan pembinaan dan penilaian kerajinan desa sekaligus penyerahan bantuan peralatan kepada perajin bordir di Desa Juli Cot Mesjid, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Sabtu (3/8/2019).

Dr Ir Dyah Erti Idawati MT dari Dekranas Provinsi Aceh dalam sambutannya mengatakan, kunjungannya didampingi sejumlah pengurus dalam rangka pembinaan, agar ke depan produk bordir semakin berkembang dan berkelanjutan.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa bordir merupakan produk kerajinan yang telah lama menjadi unggulan masyarakat di Aceh, kerajinan bordir telah diaplikasikan dalam berbagai bentuk seperti tas baju perlengkapan rumah tangga dan lain sebagainya”, katanya.

Menurutnya, kerajinan bordir Aceh sangat spesifik dan mempunyai ciri khas yang dikenal dengan bordir karawang, desain yang ditawarkan sangat bervariasi dan ini menyeluruh dari Aceh.

“Dari tiap daerah ke daerah itu motifnya berbeda-beda dan nantinya akan dipatenkan dari kabupaten ke Kabupaten,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT yang juga isteri Plt Gubernur Aceh menyerahkan bantuan peralatan bordir yang diterima oleh perwakilan kelompok perajin bordir.

Sebelumnya, Bupati Bireuen yang diwakili Plh sekdakab Bireuen Ibrahim Ahmad dalam sambutannya menjelaskan bahwa produk kerajinan telah berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mengingat potensi yang sangat besar.

“Maka kerajinan di Kabupaten Bireun perlu pembinaan yang berkelanjutan pembinaan kerajinan akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” katanya. (Najib Zakaria)

BAGIKAN