KABAR BIREUEN-Tiga orang dosen Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan dinyatakan lulus sebagai Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Angkatan 1.

Keputusan kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nomor 5465/B/KP.04.00/2021, tanggal 29 September 2021.

Berdasarkan surat keputusan tersebut  telah menetapkan sebanyak 635 orang sebagai pelatih ahli di seluruh Indonesia.

Tiga  orang diantaranya merupakan dosen tetap Umuslim Peusangan.

Ketiga dosen tersebut adalah Muhammad Rizal,MA,  berhomebase di Prodi Pendidikan Geografi, Ety Mukhlesi Yeni, S.Si, M.Pd dan Yulia Santi, S.Pd., M.Pd di Prodi PGSD.

Kesuksesan mereka lulus dalam program yang dilaksanakan Direktur Jenderal guru dan tenaga kependidikan Kemendikbudristek, setelah melewati sejumlah tahapan seleksi yang sangat ketat secara nasional.

Muhammad Rizal,MA, salah satu dosen yang lulus, mengatakan, mereka yang dinyatakan lulus nantinya akan bertugas  melakukan lokakarya pengawas sekolah dan kepala sekolah.

Selanjutnta melatih kepala sekolah dan operator sekolah mengenai perencanaan berbasis data dan pengelolaan sumber daya sekolah,  berperan aktif pada pertemuan forum pemangku kepentingan.

“Lalu melakukan penguatan kepada komite pembelajaran,  mendampingi kepala sekolah melalui coaching; dan meningkatkan kapasitas perannya sebagai pelatih ahli melalui kegiatan upgrading bersama PPPPTK dan LPPKSPS,” urai Muhammad Rizal.

Dalam melaksanakan tugasnya, mereka nantinya akan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek.

Rektor  Universitas Almuslim Dr.Marwan,MPd mengucapkan syukur atas prestasi yang baru saja dicapai tiga orang dosen Umuslim.

Harapannya, setelah ketiga orang dosen Umuslim ini lulus sebagai pelatih ahli di tingkat nasional.

“Semoga akan ada lagi dosen Umuslim lainnya,  bisa berperan dan  mampu berkompetisi di bidang lainnya di tingkat nasional. Sehingga nama Universitas Almuslim  semakin dikenal di tingkat nasional,” sebutnya. (REL)