KABAR BIREUEN-Organisasi Muhammadiyah dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bireuen, dr. Athaillah A Latief Sp. OG secara resmi mengadakan Grand Opening Sekolah Luar Biasa (SLB) Vokasional Muhammadiyah Bireuen, Senin (5/8/2019).

Grand opening tersebut sebagai tanda diresmikannya keberadaan/berdirinya SLB vokasional Muhammadyah di Aceh, khususnya di Kabupaten Bireuen.

Hal itu dikatakan Kepala SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, Istiarsyah, S.Pd.I.,S.Pd, M.Ed kepada Kabar Bireuen, Rabu (7/8/2019), menyebutkan, pelaksanaan grand opening ini adalah sebagai salah satu bentuk silaturahmi antara sekolah dengan masyarakat sekitar, pimpinan daerah, dinas/instansi terkait.

Motto SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen adalah “Be independent children and live a better life”.

“Undang-undang telah mengamanatkan, sekolah menyediakan layanan bagi peserta didik penyandang disabilitas untuk mempersiapkan mereka agar hidup mandiri, mendapat pekerjaan, dan/ atau pendidikan pasca-Sekolah Menengah.” katanya.

Namun fakta membuktikan, para penyandang disabilitas menghadapi tantangan yang sangat serius dalam mendapati sebuah pekerjaan, khususnya di negara yang berpenghasilan rendah dan menengah (low and middle-income countries).

Pendidikan vokasional adalah sebagai jalur untuk mendapatkan sebuah pekerjaan didukung oleh sebagian besar undang-undang Nasional serta United Nations Convention on the Rights of Persons with Disabilities (UNCRPD).

Pendidikan vokasional digunakan di seluruh dunia untuk meningkatkan peluang kerja bagi para penyandang disabilitas, karena terdapat relevansi hubungan yang positif antara pendidikan vokasional dengan hasil dari sebuah pekerjaan.

Organisasi International Labour Organisation (ILO) dan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) merekomendasikan untuk mendapatkan keterampilan vokasional sebagai sarana untuk memfasilitasi pekerjaan formal dan informal bagi para penyandang disabilitas.

Ini sangat relevan untuk ketercapaian tujuan dari Sustainable Development goals (SDGs) bagi mereka.

“SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen adalah terobosan baru bidang pendidikan khusus yang hadir di tengah-tengah masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi layanan transisi sukses setiap anak untuk kehidupannya setelah dirinya tamat Sekolah Menengah,” sebutnya.

Untuk mencapai tujuan ini, SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen mengembangkan rencana transisi individu, pendidikan transisi dan pelatihan kejuruan berdasarkan pada kebutuhan, kemampuan, keterampilan hidup masing-masing anak minat, bakat, serta tujuan pribadi kehidupan anak.

Dia pernah menempuh studi yang linier dalam bidang Pendidikan khusus buat kamu (Special Education) di kampus dalam dan luar Negeri.

Istiarsyah,  alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh jurusan Agama Islam, alumni Universitas Negeri Padang jurusan Pendidikan Khusus.

Alumni Sultan Idris Education University, Malaysia jurusan Pendidikan Khusus, Alumni University of Sydney, Australia program Professional Learning bidang Pendidikan Inklusif, dan sekarang dia sedang menempuh Pendidikan Dokter bidang Pendidikan Khusus. (Ihkwati)

BAGIKAN