KABAR BIREUEN-Siswa kelas XI SMA N 3 Bireuen, Kamis (7/11/2019) belajar penggunaan alat Geografi dan praktikum tanah yang dikenalkan serta dilatih
penggunaannya tim dari program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim (Umuslim).

Kegiatan yang dikemas dalam program pengabdian masyarakat.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Umuslim Aisyah A.Rahman M.Pd, menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi pedosfer menggunakan alat laboratorium geografi.

“Praktek ini termasuk dalam pendekatan pembelajaran di diluar kelas (outdoor study) agar siswa mampu mengaplikasi teori yang diajarkan gurunya di ruang kelas serta mampu memperoleh pengalaman langsung di lapangan dan memberikan dampak positif bagi siswa,” sebutnya.

Kegiatan pengabdian ini merupakan rutinitas yang dilakukan pihaknya dan merupakan program kerja tahunan, selain siswa juga melatih guru-guru tentang berbagai peralatan geografi dan software arcgis 10.2 secara gratis.

“Hal ini sebagai wujud tanggung jawab kampus untuk memberi kontribusi kepada masyarakat,” ujar Aisyah A.Rahman.

Menurut Informasi Kabag Humas dan kKmahasiswaan Umuslim Zulkifli,M.Kom, Prodi Geografi Umuslim melakukan pengabdian untuk membantu siswa dan guru berbagai hal bidang geografi.

Apalagi program studi pendidikan Geografi telah terakreditasi B memiliki beberapa tenaga dosen kompeten bergelar Doktor yang linier keilmuannya di bidang Geografi.

Kegiatan pengabdian di sekolah mendapat sambutan antusias dari siswa, dalam prakteknya tim dipandu Dosen Program Studi Pendidikan Geografi
Umuslim, Sumanti, M.Pd, Iskandar, M.Pd, Rahmi Novalita, M.Pd, Cucut
Satria Barona, MPd dan turut didampingi alumni dan mahasiswa,” ungkap
Zulkifli. (REL)

BAGIKAN