KABAR BIREUEN – Setelah sebulan lalu menerima SK pembukaan program Magister (S2) Program Studi (Prodi) Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL), Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan kembali menerima Surat Keputusan (SK) tentang izin pembukaan program Magister (S2) Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan program Magister (S2) Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bernomor 212/E/O/2021 itu, diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh, Prof. Faisal Rani, SH., M.Hum, mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim.

SK tersebut diterima langsung oleh Rektor Umuslim, Dr. Marwan, M.Pd, di kantor LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, Banda Aceh, Rabu (23/6/2021).

Dalam arahannya, Prof. Faisal Rani berpesan kepada Umuslim sebagai penyelenggara program tersebut, untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan proses dan output yang berkualitas.

Selain itu, dia juga mengarahkan untuk menyiapkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Rektor Umuslim, Dr. Marwan, M.Pd  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan LLDIKTI Aceh, atas bantuan dan dukungannya, sehingga Umuslim sudah memiliki dua program S2.

Dia mengaku, sangat terharu dan berbahagia hari ini, karena Umuslim sudah memiliki dua Prodi S2 (Magister) yaitu PSL dan Pendidikan IPS. Prodi (S2) Pendidikan IPS merupakan satu-satunya di Aceh.

“Dari empat prodi yang kita usulkan, alhamdulillah dua prodi sudah keluar izin dan bisa menerima mahasiswa baru tahun ini,” ungkap Marwan.

Adapun keempat Prodi Magister (S2) yang diusulkan tersebut yaitu Prodi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL), Pendidikan IPS, Administrasi Pendidikan serta Ilmu Ekonomi.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Umuslim, Dr. Halus Satriawan, MSi, menambahkan, kompetensi lulusan S2 Pendidikan IPS adalah: (1) Pengajar profesional yang berkemampuan mengembangkan model dan strategi pembelajaran pembelajaran IPS inovatif dan kreatif berbasis ICT; (2) Peneliti profesional dalam pengembangan ilmu pengetahuan sosial dan perumusan bidang kebijakan pendidikan IPS; (3) Mampu menghasilkan solusi pemecahan masalah sosial dalam lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat dengan pendekatan humanis dan persuasif.

Selain rektor, penyerahan SK penyelenggaraan program Magister (S2) Prodi Pendidikan IPS untuk Umuslim, juga dihadiri wakil rektor dan sejumlah staf LLDIKTI Wilayah XIII Aceh. (Rel)