KABAR BIREUEN-Pelaksanaan berbagai kegiatan lomba penalaran kemahasiswaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Dulu seleksi tingkat wilayah biasanya dilaksanakan masing-masing LLdikti, tahun ini dilaksanakan oleh pusat prestasi nasional secara daring.

Hal itu dikatakan Kasubag akademik dan Kemahasiswaan LL Dikti wilayah XIII Aceh, Masykur, S.T., M.Pd,Selasa (1/9/2020).

Untuk kegiatan tersebut perguruan tinggi dilingkup LLDikti wilayah XIII Aceh terus berpartisipasi mengikuti berbagaai kegiatan tersebut seperti Kompetensi Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA), LLDikti wilayah XIII meloloskan 4 perwakilan ketingkat Nasional yang terdiri dari 1 PTN dan 3 PTS.

Lalu kegiatan Natonal University Debate championship (NUDC) juga digelar secara daring hasil seleksi tingkat wilayah perguruan tinggi di lingkup LLDikti wilayah XIII meloloskan 6 Perguruan Tinggi ketingkat nasional yang terdiri dari 3 PTN dan 3 PTS.

Kemudian kegiatan Lomba kompetensi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dikuti oleh 66 peserta mahasiswa dari 22 PT yang terdiri dari 5 PTN dan 17 PTS, hasil seleksi tersebut perguruan tinggi LLDikti wilayah XIII Aceh meloloskan 2 perwakilan ketingkat Nasional, diwakili 1 perguruan Tinggi Negeri Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dan satu Perguruan Tinggi Swasta Universitas Almuslim Peusangan.

“Selanjutnya di bidang kegiatan pilmapres yang diikuti 25 peserta mahasiswa yang mewakili masing perguruan tinggi, Aceh diwakili satu peserta dari PTN Universitas Syiah Kuala. Harapan kita semoga mahasiswa dari aceh bias meraih prestasi tingkat nasional,” jelas Masykur.

Tambah kasubag akademik dan kemahasiswaan LLDikti Wilayah XIII Aceh Masykur, S.T., M.Pd. lagi bahwa selain kegiatan penalaran lomba kemahasiswaan yang diselengarakan Pusat Prestasi Nasional Belmawa Dikti.

Juga ada kegiatan penalaran dan kreativitas yang dilaksanakan oleh Belmawa Dikti kegiatan program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang, yaitu kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2), Kegiatan Ilmu Bisnis Manajemen dan Keuangan (KBMK) dan beberapa kegiatan lainnya.

Harapan kami semua perwakilan yang sudah lolos ke tingkat Nasional sebagai perwakilan dari LL Dikti wilayah XIII Aceh, mereka lolos ke tingkat Pimnas dan internasional.(REL)

BAGIKAN