KABAR BIREUEN – Dalam waktu dekat ini, tempat wisata baru di Kabupaten  Bireuen yang merupakan taman bunga celocia akan dibuka untuk umum.

Saat ini, pihak manajemen dan pengelola sedang merampungkan tahap akhir sebelum pembukaan Taman Wisata Bunga Celocia Friend yang akan resmi dibuka pada Sabtu (12/10/2019).

Manajer Taman Wisata Bunga Celocia Friend, Ruly Friend kepada Kabar Bireuen, di sela-sela persiapan akhir jelang peresmian, Kamis sore (10/10/2019), menyebutkan, taman bunga seluas 2000 m2 tersebut berlokasi di Dusun Selatan, Desa Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen. Jaraknya hanya 300 meter dari Jalan Medan-Banda Aceh.

Di taman tersebut, ditanam bunga celocia aneka warna, lalu ada bunga matahari, kancing seribu, seribu bintang, mawar, dan sejumlah bunga lainnya.

“Bibit bunga tersebut kami beli online dari Bantul, Yogyakarta,” sebut Ruly.

Adapun fasilitas yang ada di taman tersebut, kincir Belanda ukuran besar, lalu ada kincir-kincir kecil, rumah suku Indian, kelinci, rumah shelter, MCK, mushalla serta wifi.

Sementara untuk penerangan menggunakan lampu tenaga surya.

Di shelter nantinya, sebut Ruly, akan ada pengajian pada malam hari yang diasuh oleh ustadz.

Lokasi untuk areal parkir juga cukup luas. Mampu menampung 300 kendaraan roda dua dan roda empat. Taman tersebut mempekerjakan pemuda desa setempat.

Ruly mengungkapkan, ide membuka taman bunga celocia ini karena dia melihat di Kabupaten lain taman bunga tersebut sudah ada. Seperti di Aceh Jaya, Banda Aceh dan Aceh Singkil. Karena itu, dia juga ingin ada taman bunga celocia di Bireuen.

“Selain itu, ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bireuen (HUT) ke-20, harus ada tempat wisata taman bunga di Bireuen, yang menjadi tempat berswafoto dan menghabiskan liburan di sini,” katanya.

Taman ini, katanya lagi, bisa juga menjadi tempat edukasi untuk anak-anak PAUD dan TK dengan memberikan makanan untuk kelinci serta menyiram bunga dan tanaman.

“Nantinya, setelah resmi dibuka, yang dijadwalkan dihadiri Hj Fauziah, Ketua PKK Bireuen (Istri Bupati Bireuen) dan istri Wabup, akan ada  orang berjualan di sekitar taman bunga, di luar areal taman, bukan di dalam taman,” jelasnya.

Disebutkan Ruly, untuk tiket masuk dipatok Rp 10 ribu dan pengunjung juga akan mendapatkan teh kotak, yang merupakan sponsor taman bunga ini.

Taman tersebut akan dibuka setiap hari pukul 16.00 WIB. Kalau hari Sabtu-Minggu, dibuka sejak pagi hari.

Dikatakannya, pihaknya butuh waktu empat bulan untuk menanaman bunga celocia sehingga bisa tumbuh tinggi dan bagus.

Untuk penyiraman bunga, masih menggunakan air sumur, karena air PDAM hanya sampai  di Sanggar kegiatan Belajar (SKB) saja, yang jaraknya hanya beberapa meter dari taman bunga tersebut.

Terkait kondisi jalan menuju ke lokasi taman bunga celocia tersebut yang masih belum diaspal dan berbatuan. Ruly mengharapkan ada perhatian dari pihak terkait untuk mengaspal jalan agar akses menuju lokasi taman bunga lancar.

“Kami mohon dukungan dari dinas terkait, khususnya Bagian Pariwisata, karena ini merupakan salah satu lokasi wisata yang memang harus diperhatikan,” harapnya. (Ihkwati)

 

BAGIKAN