KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen H Saifannur S Sos diwakili Kadis Syariat Islam H Jufliwan M Ali SH, MM dalam sambutannya pada acara Zikir Akbar menyambut bulan Suci Ramadhan 1440 hijriah digelar Tastafi Kabupaten Bireuen di Masjid Agung Sultan Jeumpa Sabtu malam (20/4/2019) sebagai menghidupkan Syi’ar Islam.

Bupati menyampaikan penghargaan yang mendalam kepada Tastafi, para pimpinan Dayah, Abu, Abi, Abon, Abati, Waled/Walidah Balai Pengajian, santri dan masyarakat Kabupaten Bireuen sangat antusias melaksanakan Zikir Akbar menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan yang penuh Rahmat dan Magfirah.

Bupati juga mengajak segenap kaum muslimin dan muslimat untuk memadati masjid-masjid dan rumah ibadah masing-masing untuk melaksanakan perintah Allah beribadah di bulan Ramadhan yang lebih baik dari seribu bulan.

Dalam kesempatan itu H Jufliwan menyampaikan pesan Bupati Bireuen agar segenap lapisan masyarakat harus menghormati bulan suci Ramadhan, dan jangan ada masyarakat yang menggangu ketertiban kaum muslimin dan muslimat melaksanakan ibadah Ramadhan, seperti membakar mercon.

“Dihimbau masyarakat tidak menjual dan membakar mercon, jika ada masyarakat yang menjual dan membakar mercun akan diambil tindakan tegas pihak keamanan,” tegas Jufliwan.

Ketua Panitia Tgk H Jamaluddin A Gani yang juga Imum Chiek Masjid Agung Sultan Jeumpa saat membuka Zikir Akbar, mengatakan zikir Akbar menyambut bulan suci Ramadhan yang digelar Tastafi Bieuen bertujnan untuk menghidupkan syiar Islam, Kabupaten Bireuen aman dan tenteram serta mudah rezeki bagi seluruh rakyatnya.

Acara diawali dengan zikir Akbar dipimpin Halakah Zikir Tastafi/Ipqah Kabupaten Bireuen dan Tausiah disampaikan Al Mukarram Tgk H Abdul Manan (Abu Blang Jrun), tentang Syari’at, Haqikat dan Tariqat dilanjutnya dengan acara tanya jawab para jamaah tentang ibadah puasa yang diwajibkan kepada umat Islam setiap bulan suci Ramadhan.

Sementara pelaksanaan shalat sunat Tasbih diikuti ribuan jamaah kaum muslimin dan muslimat Kabupaten Bireuen diimami Ketua Tastafi Kabupaten Bireuen Tgk Sanusi Yusuf (Abu Paseh).

Liputan Kabar Bireuen kendati Zikir dan Tausiah Tastafi sangat padat namun ribuan jamaah tampak sangat khusyuk dalam melaksanakan shalat Tasbih 4 rakat dua kali salam.

Di rakaat pertama selesai membaca surah sambil berdiri jamaah membaca tasbih 15 kali, saat rukuk membaca tasbih 10 kali, saat Iktidal 10 kali, saat sujud 10 kali, saat duduk antara dua sujud 10 kali, saat sujud kedua membaca tasbih 10 kali, saat duduk istirahah hendak berdiri membaca Tasbih 10 kali, semua berjumlah 75 kali.

Shalat Tasbih yang dilaksanakan 4 rakaat masing-masing para jamaah membaca Tasbih seluruhnya sebanyak 300 kali.(H.AR Djuli)

BAGIKAN