KABAR BIREUEN-Program studi Geografi Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, berhasil lulus sebagai salah satu program studi (Prodi) di Indonesia, penerima program bantuan program studi menjadi model Center Of Excellence (CoE) merdeka belajar kampus merdeka tahun 2021.

Demikian disampaikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Umuslim M.Taufiq MPd didampingi Ketua Prodi Geografi Aisyah A.Rahman,MPd,  informasi  berdasarkan penguman dari Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI.

Menurut M.Taufiq, program ini merupakan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, bertujuan memberikan insentif kepada Perguruan Tinggi (PT) untuk pengembangan program studi menjadi model Center Of Excellence (CoE) dalam rangka implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka.

“Dari program ini diharapkan dapat memberikan layanan pelaksanaan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, dalam skema desain kebijakan akademik, dan implementasi,” jelasnya.

Selain itu, program ini dirancang untuk meningkatkan wawasan keilmuan tentang pendidikan yang diselenggarakan oleh program studi lain dalam satu Perguruan Tinggi (PT)sebagai perekat kebersamaan dalam mendalami keilmuan,melalui pengembangan kurikulum dan penjaminan mutu.

Rektor Universitas Almuslim Dr.Marwan, Mpd melalui Kabag Humas dan Kerjasama, Zulkifli, M.Kom  mengucapkan  syukur atas keberhasilan prodi Geografi FKIP sebagai salah satu prodi yang mendapat bantuan pendanaan  program ini.

Menurut Zulkifli mengutip peryataan  Marwan, berdasarkan pengumuman yang dirilis Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud RI, ada sekitar 48 program studi dari ribuan kampus yang ada di Indonesia, baik PTN mapun maupun PTS.

“Alhamdulillah prodi Geografi Umuslim satu-satunya prodi dilingkup LLdikti 13 Aceh, yang lulus program bantuan program studi menjadi model Center of Excellence (CoE) merdeka belajar kampus merdeka tahun 2022. Semoga menjadi motivasi bagi civitas akademika untuk bekerja keras lagi untuk menjadikan kampus yang unggul,” paparnya. (REL)