KABAR BIREUEN – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Juli sampai Selasa siang (23/4/2019), telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 di 72 TPS di 27 gampong.

Ditargetkankan, hari ini seluruh tps di Kecamatan Juli yang berjumlah 97 TPS di 36 desa selesai direkap.

Hal itu dikatakan Ketua PPK Juli, Herizal kepada Kabar Bireuen di sela-sela break (istirahat) siang, Selasa (23/4/2019) pleno rekapitulasi yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Julil

“Kita targetkan hari ini selesai semua, hanya tersisa 15 TPS di 9 desa lagi,” katanya.

Dijelaskan Herizal, pada hari pertama, direkap hasil penghitungan suara Pilpres. Selanjutnya pada hari kedua, dilakukan pleno rekapitulasi di semua tingkatan, mulai dari DPR RI, DPD,, DPRA dan DPRK.

Menurut Herizal, sejauh ini semua berjalan lancar dan tanpa kendala apapun. Kalaupun ada saksi yang protes terkait hasil penghitungan suara, itu hal yang wajar.

“Ada dua anggota Panwascam yang ikut mengawasi jalannya rekapitulasi, yang mendampingi. Jika ada perbedaan hasil penghitungan suara, maka bisa dibuka kotak suara untuk melihat hasil C1 Plano atau C1 hologram. Tapi, tetap harus seizin Panwascam,” jelasnya.

Dalam pleno rekapitulasi penghitungan suara, pihaknya menggunakan sistem paralel dibuat dua tempat, tapi tetap berdekatan.

“Terget kita besok sudah Formulir DA atau formulir hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan oleh PPK besok direkap,” katanya.

Pantauan Kabar Bireuen, pada rekapitulasi siang tadi, PPK harus membuka C1 Plano dari dalam kotak suara karena protes saksi akibat suara Caleg DPRA dari Partai Golkar, Ilham Akbar tertukar dengan perolehan suara Hj Fauziah.

Ternyata setelah melihat masuk C 1 pleno dan C 1 Hologram, memang benar perolehan suara Ilham dan Fauziah tertukar. (Ihkwati)

BAGIKAN