KABAR BIREUEN – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak Kanak (TK) Humairah, Gampong Blang Cot Baroh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, menyelenggarakan acara wisuda atau penglepasan peserta didik yang lulus dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Prosesi kegiatan wisuda puluhan anak didik PAUD dan TK Humairah Gelombang VI Tahun 2021 ini, dirangkai dengan penyerahan piala untuk juara 1, 2 dan 3 lomba hafalan ayat pendek, hafalan doa sehari-hari serta juara untuk prestasi kelas dan penghargaan kelas.

Acara yang digelar secara sederhana dan terbatas itu, berlangsung di kompleks TK dan PAUD Humairah, Gampong Blang Cot Baroh, Sabtu (5/6/2021). Dihadiri antara lain para orang tua/wali wisudawan, Pembina dan Ketua Yayasan PAUD dan TK Humairah.

Pembina PAUD dan TK Humairah, Tgk Darmansyah yang mewakili keuchik setempat, mengatakan, kehadiran PAUD dan TK di Blang Cot Baroh, selain untuk mencerdaskan anak-anak sejak usia dini, juga menanamkan pendidikan moral dan sosial di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, mereka akan lebih mawas diri saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya pendidikan sejak usia dini, maka mereka akan tertanam pendidikan dasar, baik berhitung, mengenal huruf, dan juga pendidikan agama dengan hafalan ayat pendek.

“Terima kasih kepada seluruh warga, terutama kalangan ibu-ibu yang telah ikut berperan memajukan PAUD gampong ini,” ucap Tgk Darmansyah.

Sementara Ketua Yayasan PAUD dan TK Humairah, Joniful Bahri, dalam laporannya menyampaikan, sejauah ini PAUD atau TK ini telah memiliki gedung permanen sejak dua tahun lalu. Gedung tersebut dibangun dengan Dana Desa tahun 2019.

Dia juga berterima kasih kepada para guru dan semua unsur yang terlibat, serta ikut mengabdi di PAUD dan TK Humairah tersebut.

“Alhamduliliah, dua tahun belakangan ini, peserta didik PAUD sudah dapat menempati gedung baru yang permanen yang dibangun dengan Dana Desa. Ini sebagai bentuk dukungan sepenuhnya dari warga dan perangkat gampong, sejak PAUD dan TK Humairah berdiri tahun 2014 lalu,” ujarnya.

Pada prosesi wisuda gelombang VI ini, panitia juga menyerahkan penghargaan dan piala tetap kepada juara lomba hafalan surat pendek, doa sehari-hari, hafalan rukun Islam dan rukun iman serta juara prestasi kelas.

Berikut nama-nama penerima piala dan penghargaan dari panitia, Lomba Prestasi Kelas, juara satu  Zahira Aklfa Zahra, juara dua Azkia Humaira dan juara tiga Fathinah Nazifah.

Berikutnya, Lomba Hafalan Surat Pendek, juara satu Azikia Humaira, juara dua Fathinah Nazifah dan juara tiga Azzumar.

Selanjutnya, Lomba Hafalan Rukun Islam dan Rukun Iman, juara satu Muhammad Martonis, jura dua Raffa Zaki Azhari dan juara tiga Aimi Randika.

Seterusnya, Lomba Doa Sehari-hari, juara satu Zahira Alifa Zahara, juara dua Rahmadi Alfatani dan juara tiga Alisya Asyati, serta juara harapan Inaya Asyila, Muhamamd Afkar dan Aqila Salsabila.

Untuk penghargaan kelas, guru ikut memilih 10 murid, termasuk peserta didik dari kelompok A-PAUD yang berprestasi.  (Herman Suesilo)