KABAR BIREUEN – Untuk memperkenal rukun Islam kelima kepada para murid, PAUD Islam Terpadu ( IT ) Khairul Ummah Gandapura, Kabupaten Bireuen, mengadakan manasik haji di lapangan bola kaki Lapang Timu, Rabu (7/8/2019).

Kepala PAUD IT, Nuraina, S.Pd yang dikonfirmasi Kabar Bireuen menjelaskan, kegiatan manasik haji tahun ini diikuti oleh 111 siswa PAUD IT dan 64 siswa SDIT akan memperkenalkan rukun Islam ke lima tentang praktek tata cara pelaksanaan ibadah haji.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan tata cara pelaksanaan haji kepada siswa,” jelas Nuraina.

Selanjutnya kepada peserta didik akan diberikan materi tentang tawaf, sai, tahalul, wukuf, bermalam di Mina, Muzdalifah dan cara melempar jumrah yang dipandu oleh ustaz. T. Akmal, ST guru SDIT Azkiya Bireuen.

“Selesai kegiatan berlangsung diharapkan peserta didik dapat mengenal rukun Islam ke lima serta tertanam dalam hati bercita – cita untuk melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya,” ungkap Aina.

Pantauan Kabar Bireuen, manasik haji yang dipusatkan di lapangan bola kaki Lapang Timu tersebut sukses terlaksana, apalagi antusias para murid yang lebih duluan mempersiapkan diri seperti baju ihram dan batu kerikil sejak dari rumah sesuai intruksi sekolah kepada wali murid.

“Walaupun cuaca agak panas, namun kami senang ikut manasik haji dan kami bisa keliling kakbah tadi, juga lempar jumrah, ” cetus Rais Asyraf siswa TKA. (Faisal Ali)

BAGIKAN