KABAR BIREUEN-Sejumlah Duta Santri berprestasi dari 5 Dayah di Kecamatan Jeunieb mendapatkan penghargaan dari Forum Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jeunieb dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1441 H yang digelar di Masjid Besar Baiturrahim Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen pada Sabtu, (30/8/2019) malam.

Kelima Santri berprestasi tersebut merupakan perwakilan dari Dayah Babussalam Al Azizah Jeunieb, Dayah Rauhul Mudi Al Azizah Jeunieb, Dayah Dhiaul Haq Al Azizah Jeunieb, Dayah Darul Falah Lheu Simpang dan Dayah Darul Atiq Putra.

Hal ini disampaikan oleh Ketua panitia PHBI Kecamatan Jeunieb Tgk. H. Wardani di sela-sela acara berlangsung seperti dikutip Al Farhan Humas Ikatan Penulis Santri Aceh Kabupaten Bireuen (IPSA) menyebut pemberian penghargaan dan penobatan Duta Santri Berprestasi ini bersamaan dengan tahun baru islam yang seyogyanya 1 Muharram merupakan hari santri nasional.

“Muspika Jeunieb tahun ini memberikan Piagam penghargaan kepada Duta Santri berprestasi bertujuan untuk memotivasi peningkatan minat belajar kalangan Santri, sehingga kesetaraan antara siswa dan santri dimata Muspika itu sama,” sebutnya.

Ia menambahkan penyerahan Piagam penghargaan dan penobatan santri berprestasi diserahkan oleh Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab atau Tu Sop, sekaligus memenuhi undangan panitia untuk menyampaikan tausiah.

Adapun Duta Santri berprestasi yaitu Tgk Muzammil Nuruddin alamat Gampong Peutou Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Pidie Duta Santri dari Dayah Babussalam Al Azizah Jeunieb Pimpinan Tu Sop.

Selanjutnya, Aulia Rahman Yusuf alamat Gampong Blang Mee Timu Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen Duta Santri dari Dayah Dhiaul Haq Al Azizah Jeunieb pimpinan Abi Nasi.

Tgk. Imam Akbar Alian syah Muhammad Alamat Leung Bata Kota Banda Aceh Duta Santri Dayah Rauhul Mudi Al Azizah Jeunieb pimpinan Abiya Rauhul Mudi
Tgk Sulthan Ahmad Ridha Sulaiman, Gampong Ulee Pulo, Kecamatan Kreung Geukueh Aceh Utara Duta Santri dari Dayah Darul Atiq putra Tgk Munawar Syarwan dari Jambo Dalam Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen Duta Santri dari Dayah Darul Falah Lheu Simpang Jeunieb.

Acara ini dihadiri ribuan Jamaah Sirul Mubtadin, Kapolsek Jeunieb Iptu Soeharto, SH, Danramil Kapten Inf. Ali Akbar, Sejumlah Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA di Kecamatan Jeunieb, para Imum Mukim, para Keuchik dan masyarakat setempat. Dilanjutkan dengan Tausiah oleh Tu Sop dengan tema Mempersiapkan Generasi Masa Depan.

Dua ribuan jamaah larut dalam Zikir Akbar Majelis Zikir Yadara yang di pimpinan oleh Syech Khalili dan Tgk Samsul Bahri. (Al Fadhal/Humas IPSA Bireuen)

BAGIKAN