KABAR BIREUEN– Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 105 tahun 2019 Kodim 0111/Bireuen, melatih pemuda Gampong Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen  membuat perabot atau meubel dari limbah kayu atau bekas.

Kopdar Supar, yang mahir menukang limbah kayu diolah menjadi meubel diplot menjadi instruktur untuk melatih pemuda gampong tersebut mengubah barang bekas menjadi barang bermamfaat dan bernilai ekonomi tinggi.

Para pemuda diajak dan dilatih berwirausaha mebel dari kayu limbah atau bekas untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Kopda Supar menceritakan, kemampuan menukang kayu, dimilikinya sebelum ia jadi TNI. Kebetulan orang tuanya mempunyai usaha meubel.

”Waktu itu saya iseng-iseng menggunakan peralatan tukang. Sekarang malah bisa nukang kayu sendiri. Kini kemampuan yang saya miliki saya aplikasikan di lapangan saat menjadi Satgas TMMD ini,” jelas Kopda Supar.

Salah seorang warga Abu (42) merasa senang dan kagum dengan ketrampilan anggota Satgas TMMD dalam mebuat perabat dari limbah kayu.

”Bagaimana nggak kagum pak, melihat ketrampilan Pak Supar yang begitu ahli merangkai kayu untuk dijadikan barang meubel yang cukup cantik. Setahu saya Pak Tentara itu hebat di perang, tetapi bapak TNI yang satu ini gak mau kalah dengan tukang kayu pembuat perabot,” ungkap Abu. (Ihkwati)

 

BAGIKAN