KABAR BIREUEN-Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijrah/2019 Masehi, Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) setempat, gelar Zikir. Wirid Yasin Tausyiah dan Doa Bersama, di Mesjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen. Minggu (1/9/2019).

Kegiatan ini, dihadiri antara lain, Bupati Bireuen H. Saifannur S. Sos, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Ir Ibrahim Ahmad M.Si, Anggota DPRK Bireuen. Unsur Forkopimda. Kepala Dinas, Badan, Bagian dan Kantor diiingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kemudian, Kepa|a Kantor Kementerian Agama Bireuen Para Alim Ulama, Pimpinan Dayah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta Tokoh Pemuda dalam Kabupaten Bireuen. lmum Syiek, Bilal dan Muazzin Masjid se Kabupaten Bireuen, sebagian PNS, santriwan dan santriwati dari beberapa dayah serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Saifannur mengatakan, Hijrah merupakan satu hal yang sangat fundamental bagi umat muslim sedunia. Karena peristiwa hijrah ini merupakan awal penanggalan Islam yang disebut tahun hijriah dan merupakan kilas balik perjuangan Rasulullah dalam menghadapi kafir Quraisy.

Karena itu, sangat penting bagi kita mengambil pelajaran dari sejarah agar kita mampu berhijrah menuju kehidupan yang lebih baik dimasa depan.

“Hijrah merupakan momentum membangun kebersamaan dan persaudaraan demi menegakkan Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil’alamin,” jelas Saifannur.

Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen, H. Jufliwan SH.,MM mengatakan, peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijrah /2019 Masehi ini dilaksanakan, setidaknya ada 4 tujuan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 h/2019 ini, yaitu untuk menumbuhkan sikap cinta kepada aturan aturan islam dan ajaran-ajaran allah swt terutama nilai nilai dakwah dan syiar islam yang sedang diperingati ini.

Meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada allah swt melalui pembelajaran ilmu atau amal ibadah dalam melakukan kegiatan yang bersifat agamis.

Kemudian, mempererat tali silaturrahmi antar sesama pejabat, eselonering, pns, honorer, magang, bakti , siswa dan mahasiswa serta masyarakat.

“Menanamkan nilai nilai perjuangan, etos kerja yang baik, semangat pantang menyerah dalam menghadapi setiap rintangan dan tantangan. teguh dalam pendirian dan keyakinan sebagaimana yang telah dicontohkan oleh baginda nabi kita Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah,” sebutnya.

Zikir dan Wirid Yasin Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijrah/2019 Masehi ini, dipimpin oleh, Tgk Muhammad Ishaq (Abon Cot Tarom) Tgk Jamaluddin Idris, Tgk Mukhtaruddin Ibrahim dan Tgk Ridwan Abdullah, sementara Tausyiah disampaikan oleh Tgk Kamaruddin Puteh dari Teupin Raya, Pidie. sebut Jufliwan. (Herman Suesilo).

BAGIKAN