KABAR BIREUEN– Karang Taruna Kabupaten Bireuen bekerja sama dengan Bank Aceh cabang Bireuen mengelar Pelatihan Aceh Digital Marketing Days. Pelatihan diadakan di Aula Bank Aceh Bireuen, Rabu (11/9/2019).

Ketua Karang Taruna Kabupaten Bireuen drh. Murdani menjelaskan,  pelatihan yang diadakan selama dua hari, 11-12 September 2019,  dinilai sangat penting.

Sebab, mempelajari konsep, fungsi, dan segmentasi masing-masing media sosial,  seperti Blog, Youtube, Facebook, Instagram, Blog dan sebagainya merupakan suatu langkah kreatif untuk memanfaatkan peluang dalam menambah penghasilan melalui teknologi internet, apalagi saat ini keadaan telah menuntut kita untuk beradaptasi dalam dunia digital teknologi.

“Selain itu, pada pelatihan ini, peserta juga  diberikan beberapa materi yaitu terkait penggunaan dan pemanfaatan website, blog, youtube dan media online shop,” ungkapnya.

Pimpinan PT. Bank Aceh Syariah Bireuen M. Hendra Supardi dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini bentuk kerja sama Bank Aceh cabang Bireuen dengan Karang Taruna Bireuen.

“Saya menilai pelatihan Marketing digital ini sangat diperlukan. Dunia IT juga memiliki prospek yang menjanjikan sehingga terus mendongkrak pelaku UMKM Kabupaten Bireuen dalam menjalankan usahanya walau dengan menggunakan sistem digital internet. Sehingga,  kita harapkan pelatihan singkat ini bisa memproduksi pemuda yang bisa berbagi hal yang berguna ke masyarakat luas,” jelasnya.

Pelatihan Digital Marketing ini mengundang beberapa nara sumber,  yakni untuk hari pertama pelatihan diberikan materi oleh dua nara sumber yaitu Muhammad Rizal yang merupakan CEO Web Master Aceh.

Dia menyampaikan materi terkait pengetahuan tentang teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO) dalam website serta fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam dunia marketing.

Pemateri kedua yaitu seorang Content Creator Komedian Aceh Teuku Mail, yang menyampaikan materi tentang trik dan langkah-langkah menjadi seorang youtuber serta memberikan motivasi kepada para peserta dalam membuat sebuah konten kreatif di dunia audio visual youtube.

Pemateri hari kedua disampaikan oleh Fakhrizan selaku Praktisi Media Sosial dan Traveller juga mengupas materi tentang tata cara mengelola endorse dalam media sosial khususnya online shop.

Pelatihan singkat dua hari ini dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Bireuen (Asisten III) Dailami, S.Hut.

Dalam sambutannya, Dailami menyampaikan, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada para pemuda dan mahasiswa khususnya di Kabupaten Bireuen umumnya di Aceh.

“Kami berharap setelah pelatihan ini akan muncul cikal-bakal pemuda yang unggul dalam teknologi digital. Zaman telah menuntut kita untuk terus kreatif dan bemanfaat bagi orang banyak,” pungkasnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan ini dibatasi sebanyak 50 orang, pendaftaran yang dibuka secara online selama 7 hari mulai 2-8 September ini terdiri dari kalangan pemuda, mahasiswa, pengusaha, beberapa Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat lainnya. Peserta juga dihadiri dari beberapa daerah di Aceh diantara Bireuen, Aceh Utara dan Pidie Jaya. (Kusnaidi Usman)

BAGIKAN