KABAR BIREUEN – Sebagai bentuk kepedulian terhadap dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemuda dan Remaja Dusun Kommes, Gampong Bireuen Meunasah Capa, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, membagi-bagikan masker gratis kepada pengguna jalan di seputaran Simpang Empat Bireuen, Senin (23/9/2019) sore.

Aksi pembagian alat pelindung saluran pernafasan dari polusi udara ini, dimulai sekira pukul 17.00 WIB hingga selesai menjelang magrib. Dengan melibatkan 13 orang yang terdiri dari pria dan wanita setempat.

Sebanyak 2000 masker dibagikan kepada masyarakat yang melintasi kawasan tersebut. Bahkan, mereka ikut memakaikannya secara benar. Terutama, bagi pengendara sepeda motor.

Koordinator aksi sosial tersebut, Melur, kepada Kabar Bireuen, mengatakan, pembagian masker ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda dan Remaja Dusun Kommes terhadap dampak kabut asap Karhutla yang telah mengganggu kesehatan masyarakat.

Hal tersebut, kata dia, karena kabut asap Karhutla di Riau dan Jambi, sudah mulai merambah hingga ke Kabupaten Bireuen. Akibatnya, udara di sini berasap dan mengganggu pernafasan, apalagi terhadap anak-anak dan orang lanjut usia.

“Menyahuti hal ini, kami Pemuda dan Remaja Dusun Kommes, bernisiatif mengatasinya dengan membagikan-bagikan masker kepada masyarakat,” jelas Melur yang dibenarkan rekan-rekannya.

Pemuda dan Remaja Dusun Kommes juga berharap kepada Pemerintah Pusat, agar dapat mengantisipasi Karhutla tersebut secara maksimal. Mengingat, dampaknya sudah semakin meluas hingga ke daerah lain dan juga negara tetangga.

“Perlu juga tindakan tegas kepada para pelakunya. Sebab, perbuatan mereka yang hanya mementingkan keuntungan pribadi itu, telah merugikan masyarakat banyak,” tegas Melur. (Suryadi)

BAGIKAN