KABAR BIREUEN – Mushabaqah Tilawatil Qur’an ke-34 Kabupaten Bireuen akan berlangsung di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa 26 April 2019, diikuti 580 peserta berasal dari kafilah 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Kadis Syariat Islam Bireuen H Jufliwan M Ali, SH, MM (foto) juga sebagai panitia pelaksana MTQ ke-34 Kabupaten Bireuen menjelaskan hal itu menjawab pertanyaan Kabar Bireuen disela-sela persiapan arena MTQ di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa Senin (22/4 2019).

Dikatakan, peserta MTQ diikuti 580 peserta akan berlangsung di empat arena, halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa, Meunasah Kulah Batee, SMAN-1 Bireuen dan SMAN-2 Bireuen akan berlangsung 26 April hingga 1` Mei 2019.

MTQ akan memperlombakan 10 Cabang lomba, yaitu Tartil, Tilawah, Qiraah, Tafsir, Hafiz, Syarhil, Fahmil, Khattil, Menulis Membaca Ilmiah Al Qur’an dan Mushabaqah Al Hadist.

Untuk cabang Tilawah dan Tartil diikuti golongan anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra putera-puteri.

Tujuan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten BIreuen untuk menci’arkan bakat dan minat membaca Al Qur’an untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengevaluasi pelaksanaan pengajian-pengajian tentang pembinaan kader Qurani yang mampu mengeplementasikan nilai-nilai dan isi kandungan Al Qur’an.

Selain itu untuk mencari dan melahirkan duta-duta terbaik MTQ Kabupaten Bireuen berasal dari kafilah 17 Kecamatan yang akan mengikuti MTQ tingkat Propinsi Aceh yang Insya Allah akan berlangsung di Kabupaten Pidie bulan September 2019 mendatang. .

“Sementara Dewan Hakim MTQ sebanyak 51 orang berasal dari LPTQ, Ipqah dan MPU Kabupaten Bireuen,” ujar H Jufliwan. (H.AR Djuli).