KABAR BIREUEN-Sebanyak sepuluh orang mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen dinyatakan lulus sebagai peserta kampus mengajar.

Kampus Mengajar adalah salah satu program terobosan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI bagian dari program merdeka belajar kampus merdeka.

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar mengajar dan dapat memberikan manfaat  pengembangan potensi diri mahasiswa, program ini juga untuk melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa, sekaligus mengasah kepemimpinan, kematangan emosional dan kepekaan sosial.

“Program kampus mengajar  juga mendukung pemerataan pendidikan di tengah kondisi pandemi Covid- 19, serta membantu sekolah daerah terpencil dan sekolah kekurangan pengajar,” jelas Menteri Nadiem Makariem saat peluncuran program ini beberapa waktu lalu  

Rektor Umuslim Dr.Marwan, MPd mengucapkan rasa syukur atas lulusnya sepuluh mahasiswa umuslim untuk mengikuti program ini, program kampus mengajar menurutnya akan dilaksanakan selama 12 minggu. 

Mereka akan mengabdi di sekolah yang telah ditunjuk selama tiga bulan, selain itu  mereka juga mendapat beberapa fasilitas termasuk dana seperti yang ditentukan dalam persyaratan, dan pembebasan beban kuliah yang dikonversikan sebanyak 12 SKS (satuan kredit semester).

“Saya mengharapkan agar mahasiswa yang lolos bisa melaksanakan kepercayaan ini dengan baik, selain untuk melatih diri sendiri juga membnatu pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan di desa,” harap Marwan.

Kabag Humas Umuslim, Zulkifli,M.Kom, menyebutkan, saat ini mereka yang telah lulus sedang mengikuti pembekalan secara daring (online) selama lima hari (15-20) Maret 2021.

Adapun mereka yang lolos adalah Andrean Fahlevi, Prodi Peternakan, lokasi penempatan SDN 6 Tanah Luas, Ikhwanul Muslimah, Prodi Geografi lokasi penempatan SDN 7 Kuala, Rahmi Hayati, prodi Bahasa Inggris, lokasi penempatan SD N 2 Peusangan Cot Bada Barat, Chairul Mufid, Bahasa Inggris, lokasi penempatan SD Negeri 2 Bireuen.

Selanjutnya, Rahmat Saputra, PGSD, lokasi penempatan SD N 6 Nisam, Khalida, PGSD, lokasi penempatan SD Negeri 10 Peusangan, Wirnawati, PGSD, lokasi penempatan SD Negeri 10 Peusangan, Mursyidah, Ekonomi Pembangunan, lokasi penempatan,SD N 10 Peusangan, Azzurra Mayasyi, prodi Hubungan Internasional, lokasi penempatan SDN 2 Bireuen, Akhsani taqwim, Prodi Hubungan Internasional, lokasi penempatan SDN 13 Jeunib.(Ihkwati)