KABAR BIREUEN-Ratusan mahasiswa STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam (STIKES PNAD) Kampus B, Bireuen, prodi S1 Kesehatan Masyarakat mengikuti kegiatan Outbound Bakti Sosial.

Kegiatan dengan tema “Together We It Excelent” dibuka secara resmi oleh Sekretaris Prodi S1 Kesmas, Saiful Rani SKM, di Pantai Jangka Masjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Sabtu (19/10/2019) pagi.

Ada 125 mahasiswa 35 dosen dan 10.orang staf yang ikut dalam acara ini, dalam event ini juga diperkenalkan dengan dosen-dosen yang mengajar di STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, kepada mahasiswa.

Selain itu, Outbound Bakti Sosial ini dirangkai dengan prosesi penyerahan bingkisan kepada tiga orang warga Gampong Jangka Masjid, Kecamatan Jangka, kategori keluarga tidak merokok (seluruh aggota keluarganya tidak merokok), dan kategori Ibu hamil.

Panitia pelaksana kegiatan Seri Warzukni SKM, MKM dalam inti laporannya mengatakan tujuan kegiatan yaitu meningkatkan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat.

Selain itu, menjalin tali silaturahim antara sesama mahasiswa khususnya Prodi S1 kesehatan masyarakat, mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa dengan dosen dan staf akademik.

Dijelaskan, Program kegiatan Outbound atau bakti sosial ini, kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, dan Bidan Desa.

Dimana telah terpilih tiga orang warga mendapatkan bingkisan dari panitia, yaitu kategori keluarga tidak merokok.

Harun Ali (69), (seluruh aggota keluarganya tidak merokok), hadiah berupa bingkisan,diserahkan oleh Saiful Rani, SKM bingkisan diberikan tujuannya memberi motivasi bagi warga lainnya selain untuk peningkatan kesejahteraan dan sadar dengan bahaya merokok.

Kemudian , Kategori Ibu Hamil, yaitu Rohana (26) serta Nurasiah (32), hadiah berupa bingkisan diserahkan oleh Fitriani, SST, M. Keb, bingkisan untuk kedua ibu hamil ini, berupa gizi karena sekarang lagi marak stunting.

Jadi bagaimana agar generasi ke depan jangan ada lagi anak-anak atau bayi yang stunting. pencegahannya dari ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan penuh gizi.

“Sekecil apapun bingkisan yang diberikan, kiranya bermafaat bagi sipenerima,” harap Seri Warzukni.

Disebutkan dalam kegiatan ini juga diadakan berbagai perlombaan permainan antar kelompok mahasiswa prodi S1 Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2019/2020,

Diantaranya permainan Lingkaran Mahkota, Catur, Tebak Kata dan Tarik Tambang, bagi Juara 1,2.dan 3 masing-masing mata lomba diberikan hadiah.

“Kita juga akan memilih dosen terfavorit dan staf terfavorit,” sebut Seri Warzukni yang juga sebagai Lembaga Penjamin Mutu (LPM) di STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B.

Di tempat terpisah Sekretaris Prodi S1 Kesmas, Saiful Rani SKM kepada Kabar Bireuen menjelaskan, dengan dilaksanakannya kegiatan Outbound Bakti Sosial ini, diharapkan rasa kesatuan dan persaudaraan Keluarga Besar
STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, prodi S1 Kesehatan Masyarakat semangkin tumbuh. (Herman Suesilo)

BAGIKAN