KABAR BIREUEN-Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMAGUSDA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim sedang melaksanakan kegiatan Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2019.

Kegiatan PHBD ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti. Untuk mendapatkan hibah ini HIMAGUSDA harus bersaing dengan 3000 kelompok pengusul yang berasal dari  seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia.

Setelah melewati tiga Tahapan  baru ditetapkan sebagai pelaksana kegiatan bersama 90 kelompok terpilih lainnya.

Pada kegiatan PHBD yang sedang dilaksanakan ini kelompok yang berasal dari PGSD FKIP Umuslim dibawah bimbingan Ketua Prodi langsung yaitu Fachrurazi, M.Pd sedang melatih pemuda-pemudi Kuta Barat, Kecamatan Makmur untuk mengolah barang bekas untuk menjadi Alat Peraga Pendidikan (APP) untuk tingkat PAUD, SD, dan SMP.

Keuchik Desa Kuta Barat, Sabri Muhammad sangat mendukung kegiatan tersebut karena sangat positif bagi pemuda-pemudi Kuta Barat.

“Kita sangat bersyukur dengan ide yang sangat kreatif dari mahasiswa PGSD FKIP Umuslim ini. Kegiatan PHBD ini telah dimulai dari bulan Juni dan akan berlangsung sampai bulan November Tahun 2019 ini,” sebutnya.

Dari kegiatan PHBD ini, nantinya akan dihasilkan APP dan panduan penggunaannya yang bernilai jual.

Dengan kegiatan ini juga diharapkan pemuda-pemudi desa tersebut dapat menjadi peluang terciptanya kegiatan ekonomi kreatif di desa tersebut.

Hal ini tidak terlepas dari APP yang dihasilkan unik dan harga sangat terjangkau, bahan baku mudah diperoleh.

Hasil dari APP yang dibuat dari barang bekas ini sangat diminati oleh pengguna seperti lembaga PAUD dan SD. (Ihkwati)

 

BAGIKAN