KABAR BIREUEN – Kali ini, ada pemandangan berbeda pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 yang digelar Pemerintah Kabupaten Bireuen di Stadion Cot Gapu, Sabtu (17/8/2019). Sebanyak 16 mahasiswa Jepang, ikut bergabung mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Para mahasiswa tersebut berasal dari Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang yang baru saja tiba, untuk menimba ilmu di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen. Mereka sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa antara NGU dengan Umuslim.

Menurut Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli, M.Kom, keikutsertaan mahasiswa Jepang memperingati HUT Kemerdekaan RI itu, atas permintaan mereka sendiri.

“Bagi mereka, ini kesempatan baik dan langka. Bisa mengikuti upacara memperingati HUT kemerdekaan negara lain (Indonesia),” jelas Zulkifli kepada wartawan.

Pantauan Kabar Bireuen, mahasiswa asal Negeri Sakura tersebut sangat antusias mengikuti upacara hingga selesai. Mereka yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu duduk dengan tekun di bawah tenda, bergabung dengan para peserta upacara lainnya.

Menurut dua orang di antara mahasiswa tersebut, Ohba Aimi dan Chisaki Haruna, melalui penerjemahnya salah seorang mahasiswa Umuslim yang pernah kuliah di Jepang, mereka sangat senang bisa mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Keberadaan mahasiswa Jepang di Stadion Cot Gapu, sontak menyita perhatian para peserta upacara. Kesempatan tersebut, dimanfaatkan masyarakat dan pelajar untuk foto bersama. Mereka pun melayaninya dengan senang hati.

Sehari sebelumnya, para mahasiswa dari negeri matahari terbit itu, juga ikut meramaikan acara hiburan rakyat panjat pinang dan makan kerupuk yang digelar pemuda Desa Paya Cut, Kecamatan Peusangan. (Suryadi)

 

BAGIKAN