KABAR BIREUEN-Sebanyak 90 dosen DPK dan yayasan yang telah menerima dana sertifikasi dosen (serfos), mengikuti sosialisasi dan implementasi Sinta (Science and Technology Index), berlangsung di Auditorium Academic Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan di kampus Universitas Almuslim, Kamis (5/9/2019).

Sinta merupakan portal berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi iptek.

Sosialisasi dibuka Kepala LLDikti XIII Aceh Prof Dr Faisal,SH.,MHum, selain Sibta juga sosialisasi terkait Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, PMK Nomor 72 tahun 2016.

Ketua panitia Syafii, SE,Ak menyampaikan tujuan kegistsn ini bertujuan meningkatkan kualitas disiplin, pengawasan secara berkala terkait keberadaan dan keaktifan tenaga pendidik Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDikti wilayah XIII.

Acara dibuka Kepala Lembaga Layanan pendidikan Tinggi ( LLDikti) wilayah XIII Aceh Prof.Dr.Faisal,SH, M.Hum, pada kesempatan tersebut menyampaikan tentang disiplin bagi seorang dosen karena tanpa disiplin yang tinggi, mustahil cita-cita pembangunan nasional dapat berhasil dengan baik, jelas mantan Dekan Fakultas Hukum Unsyiah ini.

“Selain itu juga dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dosen yang lebih professional, bermoral, bersih dan bertanggung jawab, serta pengembangan dosen mengarah kepada peningkatan kompetensi dan prestasi kerja,” jelasnya.

Termasuk didalamnya pola pembinaan karier dosen yang tidak dapat dicapai secara efektif dan efisien, apabila tidak didukung oleh pimpinan Perguruan Tinggi Swasta tempat dosen bertugas.

Menurut kepala LLDikti wilayah XIII Aceh, Prof Dr Faisal, SH.,MHum, sosialisasi ini penting dilakukan bagi dosen DPK dan dosen yayasan penerima sertifikasi dosen, dalam penggunaan aplikasi sinta guna memastikan proses akademik, bukan saja secara pribadi dosen tetapi juga institusi secara online.

“Dosen harus giat melakukan kegiatan akademik untuk meningkatkan mutu diri, karena ini juga berpengaruh bagi insitusi dan proses, serta lulusan,” terangnya.

Menurut Syafii, SE., AK pemateri pada kegiatan ini, Prof Dr Faisal, SH.,MHum, Julfikar, SE dan Dr Rizal Munadi, MM.,MT dari LLdikti XIII Aceh, jelas Kabag Umum LLDikti wilayah XIII Aceh. (Ihkwati)

BAGIKAN