Kopda Hardius Rusman (Anggota Kodim 0111/Bireuen)

KABAR BIREUEN – Anggota Kodim 0111/Bireuen, Kopral Dua (Kopda) Hardius Rusman, akan tampil di acara talkshow Hitam Putih di Trans7, Jakarta, Kamis (3/10/2019) sore. Acara ini disiarkan langsung stasiun televisi swasta tersebut pukul 18.00 WIB.

Dalam talkshow yang dipandu mentalist Deddy Corbuzier itu, Hardius akan berbagi pengalamannya belajar bahasa asing secara otodidak (belajar sendiri tanpa guru) melalui media sosial (medsos). Sehingga, dengan mudah dan dalam waktu yang relatif singkat, sekarang dia sudah menguasai tujuh bahasa asing (Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Belanda).

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe yang ditanyai Kabar Bireuen terkait hal tersebut di Meuligoe Bireuen, Rabu (2/10/2019), membenarkan, Hardius sudah berada Jakarta memenuhi undangan pihak manajemen Trans7.

Zainal Abidin Rambe mengaku, bangga atas kepiawaian anggotanya itu bisa menguasai hingga tujuh bahasa asing secara otodidak. Begitu juga secara institusi TNI, dengan tampil di acara tersebut, Hardius telah menaikkan citra positif Kodim 0111/Bireuen, sebagai tempat dia bertugas.

“Masyarakat Bireuen juga patut berbangga, karena Hardius telah mengharumkan nama Kabupaten Bireuen. Makanya, mari sama-sama kita saksikan penampilannya nanti yang akan disiarkan Trans7 besok (sore ini-red) pukul 18.00 WIB,” ajak Zainal Abidin.

Menurut Dandim, nanti kalau ada waktu luang setelah Hardius pulang dari Jakarta, mereka akan bersilaturahmi dengan Bupati Bireuen, H. Saifannur, S.Sos.

Selain itu, dia juga berencana mengajak Hardius ke sekolah-sekolah. Tujuannya, ingin berbagi pengalaman dan memotivasi para siswa menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Tidak disalahgunakan untuk hal-hal negatif yang bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

“Nanti kita minta Hardius untuk berbagi ilmu bagaimana dia bisa menguasai bahasa asing, hanya dengan mengandalkan medsos,” jelas Zainal Abidin yang baru bertugas sebagai Dandim 0111/Bireuen sekitar dua bulan ini.

Sementara Hardius Rusman yang dihubungi Kabar Bireuen via telepon seluler, Kamis (3/10/2019) pagi tadi, mengatakan, dirinya sedang berada di penginapan. Dia sedang bersiap-siap berangkat ke Trans7.

“Saya diminta datang ke sana agak cepat, karena macet. Jangan sampai nanti terlambat sampai di Trans7. Bilang sama kawan-kawan ya, jangan lupa nonton nanti pukul enam sore,” ujar Hardius, sambil permisi mau buru-buru berangkat.

Kopda Hardius Rusman saat mendampingi rombongan istri atase militer dari 22 negara yang berkunjung ke Aceh beberapa waktu lalu. (Foto: aceh.tribunnews.com)

Sebagaimana telah diberitakan Kabar Bireuen sebelumnya, berkat ketekunannya belajar di medsos, kini Kopda Hardius Rusman telah mengusai tujuh bahasa asing. Terdiri dari bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugis, Italia dan Belanda.

Semua bahasa berpengaruh di dunia itu dipelajarinya melalui medsos. Di antaranya dengan menggunakan aplikasi Google Translate, Facebook, WhatsApp, Messenger dan jejaring sosial lainnya.

Bukan hanya lisan, secara tulisan juga Hardius mahir berbahasa asing tersebut. Sebab, dia kerap chatting, telepon dan video call dengan teman-teman dunia mayanya yang berasal dari berbagai negara.

Bahkan, Hardius juga mempraktikkan langsung kemampuannya itu, kalau kebetulan dia bertemu dengan wisatawan asing di Bireuen. Kadang-kadang sambil rekreasi ke Sabang bersama keluarga, Hardius juga sengaja menjumpai para wisatawan asing di sana, hanya untuk menguji kefasihannya berbicara dalam bahasa-bahasa yang banyak dipakai di dunia itu.

Beberapa waktu lalu, Hardius yang beristrikan wanita asal Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, ini dipercayakan atasannya sebagai juru bahasa. Dia diminta mendampingi rombongan istri dan keluarga atase militer dari 22 negara yang mengunjungi berbagai tempat di Banda Aceh dan Sabang pada Agustus lalu.

Setelah itu, namanya semakin dikenal dan dipublikasikan sejumlah media massa, baik media cetak, online maupun televisi. Sampai akhirnya, dia diundang untuk mengisi acara talkshow Hitam Putih di Trans7. (Suryadi)

 

BAGIKAN