KABAR BIREUEN – Mahasiswa KKN Universitas Mallikussaleh (Unimal) Lhokseumawe terus saja melakukan berbagai aksi Pencegahan Covid.

Seperti yang dilakukan oleh Kelompok KKN 149 di lokasi KKN di Desa Lueng, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. Mereka mengajarkan masyarakat membuat desinfektan dari produk rumah tangga.

Kelompok yang terdiri dari Cut Ade, Dewi Sartika, Maiza Zahrotul, Cut Ula, dan Cut Sani ini sengaja mensimulasikan cara pembuatan agar mudah dipahami. mereka menggunakan cairan pembersih lantai yang dicampur dengan air.

Cut Ade, humas kelompok tersebut dalam rilisnya kepada Kabar Bireuen, Kamis (14/5/2020) menyatakan, desinfektan yang mereka buat mengikuti standar WHO.

“Sengaja kita ajarkan sesuai standar WHO, soalnya banyak cara pembuatan desinfektan yang beredar di media sosial itu keliru dan dapat membahayakan,” ungkapnya

Cut Ade melanjutkan, tujuan mereka mensimulasikan cara pembuatan agar masyarakat paham cara pembuatan yang benar. Bahan yang digunakan juga cukup satu jenis dan dilarutkan dalam air.

“Kalo di sosial media suka dicampur campur jenisnya, padahalkan gak boleh dicampur, bahaya,” jelasnya.

Sosialisasi ini dilakukan di rumah-rumah warga Desa Lueng, hal ini dilakukan sebagai upaya dari mahasiswa agar tidak mengumpulkan kerumunan.

Pada saat sosialisasi, mereka tidak hanya mengajarkan pembuatan desinfektan, tapi juga mengedukasi warga terkait virus Corona. Cara membuat hand sanitizer dari bahan alami pun turut diajarkan. (REL)

 

BAGIKAN