KABAR BIREUEN – Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Bireuen, Teguh Mandiri Putra, SSTP, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Tantingan.

Upacara Tradisi Tantingan yang dilaksanakan oleh Panitia Peringatan HUT RI ke-76, sebagai simbol dimulainya pelatihan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2021.

Upacara Tantingan ini, termasuk tradisi wajib dilaksanakan sebelum pelatihan perdana dimulai yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kamis (15/7/2021) sore.

Teguh Mandiri Putra, menjelaskan, upacara tradisi tantingan bertujuan untuk menanamkan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan di antara sesama calon anggota Paskibraka Kabupaten Bireuen Tahun 2021.

Calon anggota Paskibraka yang mengikuti Upacara Tantingan tersebut berjumlah 35 peserta. Mereka merupakan hasil seleksi yang terdiri dari siswa-siswi jenjang SMA/SMK/MAN se-Kabupaten Bireuen.

Nantinya, mereka akan melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibaran dan penurunan bendera pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 pada 17 Agustus mendatang.

“Untuk itu, seluruh peserta supaya mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh, disiplin, percaya diri dan mengikuti arahan serta instruksi pelatih yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan Disporapar Bireuen,” pesannya.

Selain itu, seluruh peserta diharapkan, selama pembekalan agar menjaga perilaku yang baik, menjaga kesehatan, memiliki keharmonisan, kekompakan antara peserta dan pelatih. (Herman Suesilo)