KABAR BIREUEN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Kesehatan Bireuen menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 Tahun 2018, dengan mengusung tema “Aku Cinta Sehat” sub tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita” berlangsung di halaman UPTD Kesehatan Puskesmas Peusangan, Sabtu pagi (17/11/2018).

Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos, sebagai inspektur upacara (irup). Pada kesempatan itu, Bupati Saifannur membacakan pidato Menteri Kesehatan RI, Prof. DR. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(k).

Dalam inti pidato itu disampaikan, kita harus menyadari bahwa tantangan di depan kita semakin berat, semakin luas dan semakin kompleks. Solusi terhadap berbagai permasalahan, tentu memerlukan kepemimpinan yang kuat, manajemen yang andal, kolaborasi multi-sektor harmonis serta monitoring evaluasi pembangunan yang terstruktur dan sistematis.

Sangat diharapkan muncul sebagai inovasi baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, sampai dengan Puskesmas, guna menyelesaikan berbagai tantangan pembangunan kesehatan yang sedang kita hadapi.

“Perkenankan saya mengajak kita semua untuk menggelorakan peringatan Hari Kesehatan Nasional sebagai wahana sosialisasi pembangunan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat,” sebut Saifannur.

Diharapkan, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), dapat diimplementasikan lebih maksimal dan konkrit di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, diminta kepada jajaran kesehatan dan juga lintas sektor untuk menggunakan data dan informasi pendataan Keluarga Sehat menjadi dasar evaluasi, baik di sektor kesehatan maupun lintas sektor. Ini dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan secara tuntas di tingkat keluarga.

“Mari kita semua bersama-sama senantiasa untuk mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdiannya serta mendoakan agar pahlawan kesehatan mendapat tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN