KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim  (Umuslim) Peusangan melalui tim Program Hibah Bina Desa (PHBD) Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Hima-PGSD) dinobatkan menjadi tiga terbaik nasional pelaksana kegiatan Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2019.

Fachrurazi, Mpd, pembina team PHBD Umuslim menyebutkan, pengumuman tentang program ini disampaikan pada acara Seminar dan Ekspo Sewindu Program Hibah Bina Desa (PHBD) bersamaan seminar tentang Optimalisasi Peran Perguruan Tinggi dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Menuju Indonesia Maju di Hotel Millenium Jakarta, (11/12/ 2019)

Menurutnya, program PHBD  merupakan program unggulan Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Penobatan sebagai tiga terbaik ini tidak terlepas dari hasil visitasi dan evaluasi (Monev) dilaksanakan Dirjen Belmawa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beberapa waktu lalu,” katanya.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan hibah ini, Universitas Almuslim melalui himpunan mahasiswa PGSD harus bersaing dengan 2.190 kelompok pengusul yang berasal dari  seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, setelah melewati tiga tahapan  baru ditetapkan  pelaksana kegiatan bersama 90 kelompok terpilih dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Ketua Prodi PGSD Fachrurazi,MPd didampingi Dekan Fkip Drs.M.Taufiq,MPd, mengatakan, dari kegiatan PHBD ini sudah dihasilkan APP dan panduan penggunaannya yang bernilai jual.

“Dengan kegiatan ini juga diharapkan pemuda desa Kuta Barat kecamatan Makmur kabupaten Bireuen yang menjadi lokasi Bina Desa  dapat menjadikan peluang terciptanya kegiatan ekonomi kreatif di desa tersebut,” jelasnya.

Pada kegiatan visitasi tersebut, Universitas Almuslim ditunjuk sebagai tuan rumah untuk melaksanakan monev PHBD se Provinsi Aceh, dalam kegiatan monev tersebut  turut menjadi peserta dari  Unsyiah, UTU Meulaboh dan Universitas Almuslim.

Adapun Tim Monev beranggotakan Ir. Yannefri Bakhtiar, M.Si dari IPB, Drs  Agus Setiawa, M.Kom dari Politeknik Negeri Jakarta, dan Yusuf yang merupakan Staf Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim Zulkifli, .M.Kom, dengan mendapatkan penghargaan ini melengkapi beberapa penghargaan yang diraih umuslim tahun 2019.

Umuslim baru saja mendapat anugerah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Aceh katagori Universitas, ditetapkannya prodi Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD) sebagai prodi unggul, kemudian dua dosen umuslim meraih dosen berprestasi di lingkup LLDikti wilayah 13 Aceh. (Ihkwati)

BAGIKAN