Keuchik terpilih, Hasrizal (kanan) dan Ramli Musa (kiri).

KABAR BIREUEN – Hasrizal terpilih sebagai Keuchik Matang Sagoe, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, periode 2021-2021, dalam Pemilihan Keuchik (Pilchik) yang dilaksanakan di halaman meunasah setempat, Kamis (27/5/2021).

Ketua Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Gampong Matang Sagoe, Drs. Anwar Abdullah, menyampaikan, Pilchik tersebut diikuti dua orang calon yaitu Ramli Musa bernomor urut 1 dan Hasriral bernomor urut 2.

Proses pemungutan suara selesai dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Hasilnya, Ramli Musa  memperoreh sebanyak 438 suara. Sedangkan Hasrizal meraih sebanyak 624 suara. Total jumlah suara sah sebanyak 1.062 dari 1.496 pemilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Bedasarkan hasil penghitungan suara tersebut, maka Hasrizal dinyatakan sebagai pemenang Pilchik Gampong Matang Sagoe untuk periode enam tahun ke depan,” jelas Anwar Abdullah.

Sementara Camat Peusangan, Ibrahim, S.Sos, melalui Kasubag Umum dan Kepegawaian,Rahmadsyah Harahap, S.Sos, mengatakan, pelaksanaan pemilihan Keuchik Gampong Matang Sagoe sudah sesuai dengan ketentuan Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 Tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Keuchik. Pelaksanaannya juga tetap diterapkan protokoler kesehatan guna pencegahan Covid-19.

“Hasil pemilihan keuchik ini, nantinya akan kita proses ke tingkat selanjutnya, untuk mendapatkan penetapan dari Bupati Bireuen,” jelas Rahmadsyah.

Warga masyarakat setempat terlihat sangat antusias mengikuti Pilchik tersebut. Dengan tertib dan menjaga jarak, satu persatu mereka memberikan suara. Setelah itu, langsung meninggalkan tempat pemuungutan suara, untuk menghindari kerumunan.

Prosesi pemilihan Keuchik Matang Sagoe ini, juga turut dipantau langsung oleh Muspika Peusangan. (Rel /*)